PENGARUH STRATEGI PROMOSI PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP MINAT NASABAH Studi Kasus Pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah Perambabulan Al-Qomariyah Babadan-Cirebon

R. Sumia Herlina, (2013) PENGARUH STRATEGI PROMOSI PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP MINAT NASABAH Studi Kasus Pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah Perambabulan Al-Qomariyah Babadan-Cirebon. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
R. Sumia Herlina_58320148_ok.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

R. Sumia Herlina : Pengaruh Strategi Promosi Pembiayaan Murabahah Terhadap Minat Nasabah pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah Babadan – Cirebon Koperasi Jasa Keuangan Syariah Babadan – Cirebon adalah salah satu lembaga keuangan yang berbasis syariah tentulah sangat membutuhkan nasabah dalam mempromosikan pembiayaan murabahah tetapi minat terhadap pembiayaan murabahah terhadap minat nasabah masih kurang karena masih sedikitnya nasabah sehingga belum mencapai target yang diinginkan. Untuk itulah perlu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi promosi pembiayaan murabahah dengan minat nasabah. Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut, maka diharapkan agar minat nasabah dapat ditingkatkan dan dapat mendukung Koperasi Jasa Keuangan Syariah Babadan – Cirebon dalam mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai pengaruh strategi promosi pembiayaan murabahah terhadap minat nasabah dan seberapa besar pengaruh strategi pembiayaan murabahah terhadap minat nasabah pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah Babadan – Cirebon. Dalam metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis strategi promosi pembiayaan murabahah terhadap minat nasabah pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah Babadan – Cirebon. Teknik pengumpulan data dalam melakukan penelitian ini adalah dengan observasi, penyebaran kuesioner dan dokumentasi, sedangkan populasi ada 700 nasabah dari keseluruhannya karena peneliti mengambil 10% dari nasabah yang akan di teliti sebanyak 70 sampel nasabah. Adapun uji instrumennya yang digunakan oleh peneliti adalah uji validitas, uji reliabilitas, transformasi data, uji normalitas data, sedangkan analisis data yang digunakan adalah korelasi, nilai koefisien determinasi, regresi sederhana, uji t dalam perhitungan ini peneliti menggunakan program SPSS versi 16. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi pembiayaan murabahah berpengaruh positif dan signifikan baik secara parsial terhadap minat nasabah. Terdapat nilai R.square sebesar 0,883. Jadi nilai kontribusi atau koefisien determinasi (R2) sebesar 0,883 X 100% = 78%, sedangkan sisanya 22% ditentukan oleh faktor-faktor lain. Nilai thitung sebesar 15,548 > 1,99 (t tabel). Artinya terdapat pengaruh signifikan antara strategi promosi pembiayaan murabahah terhadap minat nasabah Y = 7,381+0,894 (X).

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 03 Feb 2017 02:31
Last Modified: 12 Jun 2017 02:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/637

Actions (login required)

View Item View Item