PENGARUH KUALITAS PELAYANAN GADAI EMAS TERHADAP KEPUASAN NASABAH (Studi Kasus di Bank Rakyat Indonesia Syariah Cabang Cirebon)

Ria Dariah, (2013) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN GADAI EMAS TERHADAP KEPUASAN NASABAH (Studi Kasus di Bank Rakyat Indonesia Syariah Cabang Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
RIA DARIAH_58320205_ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Ria Dariah : PENGARUH KUALITAS PELAYANAN GADAI EMAS TERHADAP KEPUASAN NASABAH (Studi Kasus di Bank Rakyat Indonesia Syariah Cabang Cirebon) Kegiatan pinjam-meminjam berupa uang telah lama beredar dan dikenal oleh masyarakat Indonesia, pada zaman dahulu jika memerlukan pinjaman uang kebanyakan masyarakat mendatangi lintah darat (rentenir) dengan memberikan harta benda yang mereka miliki sebagai jaminan, serta membayar bunga yang relative tinggi, maka untuk itu pemerintah memberikan solusi dengan membentuk lembaga yang dapat memberikan pinjaman kepada masyarakat bunga yang sepantasnyaseperti lembaga keuangan perbankan yang sudah banyak meorientasikan bidang atau kegiatan usahanya di bidang perkreditan. Pelayanan merupakan kegiatan yang harus diberikan untuk memenuhi kebutuhan nasabah karena pelayanan merupakan hal yang terpenting bagi kemajuan perusahaan. Dengan kualitas dan mutu pelayanan yang baik maka hal ini akan memberikan kepuasan terhadap nasabah. Penulis merumuskan beberapa masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana gambaran kualitas pelayanan gadai emas di Bank Rakyat Indonesia Syariah Cabang Cirebon, Bagaimana gambaran kepuasan nasabah di Bank Rakyat Indonesia Syariah Cabang Cirebon, Apakah kualitas pelayanan gadai emas berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di Bank Rakyat Indonesia Syariah Cabang Cirebon. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang gambaran kualitas pelayanan gadai emas, gambaran kepuasan nasabah dan menganalisis seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan gadai emas terhadap kepuasan nasabah pada BRI Syariah Cabang Cirebon. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan jenis penelitian deskriptif. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 70 nasabah BRI Syariah Cabang Cirebon, penarikan sampel dengan menggunakan sampel secara acak (random sampling). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Adapun instrument penelitian yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, sedangkan analisis data yang digunakan adalah koefisien determinasi dan uji t dengan menggunakn program SPSS 17.0. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan gadai emas terhadap kepuasan nasabah memiliki pengaruh yang kuat. Dari uji determinasi dapat diketahui bahwa kualitas pelayanan gadai emas memberikan kontribusi sebesar 47,8% terhadap kepuasan nasabah. Dengan nilai sebesar 7,883 > 1,668 yang artinya signifikan. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Gadai Emas, Kepuasan Nasabah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 03 Feb 2017 02:44
Last Modified: 12 Jun 2017 02:44
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/641

Actions (login required)

View Item View Item