Dinda Supratiwi Budiarti, (2012) PENERAPAN METODE PERMAIANAN MODEL GO TOYOUR POST (BERGERAK KE ARAH YANG DIPILIH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN TINDAKAN EKONOMI (PTK terhadap siswa kelas VII C di SMP Negeri 17 cirebon ). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
dinda supratiwi budiarti_58440899__OK.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Dinda Supratiwi Budiarti: Penerapan Metode Permainan Model Go To Your Post (Bergerak Kearah yang Dipilih)Untuk Meningkatkan Hasil belajar IPS Pokok Bahasan Tindakan Ekonomi(PTK siswa kelas VII C di SMP N 17 cirebon ) Metode Permainan didefinisikan sebagai “usaha olah diri (olah pikiran dan olah fisik) yang sangat bermanfaat bagi peningkatan dan pengembangan motivasi, kinerja dan prestasi dalam melaksanakan tugas dan kepentingan organi” antara bermain dan belajar dikolaborasikan menjadi satu metode yang bersifat mendewasakan. Melalui belajar dan bermain, seseorang dapat merasa bahagia,rileks untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar sehingga meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar. Hal ini akan tercapai apabila guru kreatif dalam menggunakan metode permainan go to your post(bergerak ke arah yang dipilih) merupakan salah satu model pembelajaran yang bisa dipakai oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar.Model ini adalah model pembelajaran yang membuat siswa lebih menyenangkan atau gembira dalam belajarsehingga bangkitnya minat adanya keterlibatan penuh dan pemahaman penguasaan mater. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut :1.untuk mengetahui bagaimana respon terhadap metode permainan model go to your post (bergerak ke arah yang dipilih) pada pelajaran IPS Ekonomi,2.untuk mengetahui respon siswa terhadap implementasi metode permainan pada mata pelajaran IPS Ekonomi di sekolah tersebut, 3. Untuk mengkaji apakah penerapan metode permaianan model go to your post (bergerak ke arah yang dipilih) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPS Ekonomi di SMPN 17 Cirebon Kota Cirebon. Penelitian ini bertolak pada kerangka pemikiran bahwa penggunaan metode permainan go to your post(bergerak ke arah yang dipilih) mempunyai peranan yang sangat besar dalam kegiatan belajar mengajar di kelas karena dapat memebantu guru untuk menyampaikan materi lebih menarik sehingga membantu siswa dalam menyerap materi yang di sampaikan oleh guru dengan demikian dapat meningkatkan pemahaman siswa imbasnya akan meningkatkan hasil belajar siswa, menjadi tercapai tujuan bealjarnya. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi,wawancara,angket dan tes. Populasinya siswa SMP Negeri 17 Cirebon yang berjumlah 38 orang. Adapun dalam menganalisa datanya dengan menggunakan statistic deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode permainan go to your post(bergerak ke arah yang dipilih)di SMP Negeri 17 Cirebon kota Cirebon dikategorikan sangat baik dapat dilihat dari hasil observasi yaitu 22 siswa dengan ketuntasan belajar kelas 58%, nilai rata-rata kelas adalah 72,76 , dan daya serap kelasnya 72,76%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas 28 orang sehingga ketuntasan belajar kelas 74%, nilai rata-rata kelas adalah 83,86 dan daya serapnya 83,86%. Pada siklus III jumlah siswa yang tuntas 38 orang sehingga ketuntasan belajar kelas 100%, nilai rata-rata kelas adalah 92,63 dan daya serap kelasnya 92,63%. Dengan demikian hasil belajar pada tiap siklus mengalami kenaikan hasil belajar yang sangat baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 07 Feb 2017 02:37 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 03:15 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/675 |
Actions (login required)
View Item |