PERAN SEMANTIS DALAM KONSTRUKSI KALIMAT BERPREDIKAT KEPEMILIKAN DALAM BAHASA INGGRIS ( Suatu Kajian Semantik )

Amin Basir, (2019) PERAN SEMANTIS DALAM KONSTRUKSI KALIMAT BERPREDIKAT KEPEMILIKAN DALAM BAHASA INGGRIS ( Suatu Kajian Semantik ). Jurnal Sora, 4 (2). pp. 52-63. ISSN 2541-5433

[img]
Preview
Text
jurnal sora.pdf

Download (604kB) | Preview

Abstract

Pembahasan predikat kepemilikan (predicative possession) sebenarnya merupakan pembahasan yang cukup luas. Adapun aspek yang dikaji dalam makalah ini adalah melihat peran semantis apa saja yang muncul dalam predikat kepemilikan bahasa Inggris yang dikaji secara semantis. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data yang digunakan pada makalah ini diambil dari British National Corpus (http://www.natcorp.ox.ac.uk/). Data yang dikumpulkan berisi kalimat berpredikat kepemilikan dalam bahasa Inggris dengan verba have, own, possess, dan belong to. Peran yang muncul pada predikat kepemilikan dalam bahasa Inggris baik pada verba have, own, possess, maupun belong to menunjukkan bahwa frasa nomina yang menempati posisi subjek dan objek berupa animate yang terdiri dari manusia, binatang, dan tumbuh-tumbuhan, dan jenis benda (inanimate) terdiri dari benda konkrit dan benda abstrak. Peran yang menduduki subjek/pemilik (possessor) pada kalimat aktif dengan verba have, own dan possess adalah peran benefactive, recipient, experiencer, dan maleficiary dan yang menduduki objek/termilik (possessee) adalah neutral, force. Sementara pada kalimat aktif pada verba belong to dan kalimat pasif pada verba own yang menduduki peran subjek adalah sebaliknya yaitu neutral, dan force. Selain itu, yang menduduki objek adalah peran benefactive, recipient, experiencer, dan maleficiary.

[error in script]
Item Type: Article
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 3. Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 08 Jul 2022 02:53
Last Modified: 08 Jul 2022 02:53
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/6965

Actions (login required)

View Item View Item