FEBI KOMALASARI, (2012) MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA KARTIKA XIX 5 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
FEBI KOMALASARI_58440948__OK.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
FEBI KOMALASARI : MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA KARTIKA XIX 5 KOTA CIREBON Dalam Pembelajaran Sejarah guru cenderung hanya menggunakan metode konvensional yang berlangsung satu arah yang mengandalkan guru sepenuhnya dalam menyampaikan materi Sehingga kejenuhan dan kebosanan sering menghinggapi sebagian besar siswa, siswa pun menjadi terlihat pasif dan pencapaian hasil belajar siswa pun menjadi kurang maksimal. Untuk membuat pelajaran sejarah efektif serta banyak disukai oleh siswa maka perlu digunakannya media atau metode pembelajaran yang menarik. Penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran sejarah belum pernah dilakukan, guru harus melakukan kegiatan remedial untuk mengatasi rendahnya minat dan motivasi belajar siswa turut berpengaruh hasil belajar. Jadi dengan menggunakan metode yang menarik dapat menggugah minat belajar siswa di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tentang proses pembelajaran sejarah di kelas X dan untuk menjelaskan respon siswa terhadap pembelajaran sejarah di SMA Kartika XIX 5 Kota Cirebon dan untuk membuktikan faktor-faktor penyebab siswa kurang minat dalam mengikuti proses pembelajaran sejarah. Dalam pembelajaran sejarah minat siswa dapat mempengaruhi kegiatan proses belajar mengajar dan hasil belajar, kalau seseorang tidak berminat untuk mempelajari sesuatu maka tidak akan berhasil dengan baik dan timbul kesulitan belajar. Belajar yang tidak ada minatnya tidak sesuai dengan bakat, tidak sesuai dengan kebutuhan, tidak sesuai dengan kecakapan dan tidak sesuai dengan keinginan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, Lokasi penelitian ini di SMA Kartika XIX 5 Kota Cirebon dengan subjek penelitian nya adalah siswa kelas X SMA Kartika XIX 5 Kota Cirebon dengan jumlah 25 siswa. Adapun cara pengambilan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara dan angket. Untuk teknik analisis datanya diolah secara kualitatif. menggunakan analisis data statistik deskriptif perhitungan persentase. Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu bahwa proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru pelajaran sejarah di SMA Kartika XIX 5 Kota Cirebon lebih dominan dengan menggunakan metode ceramah mengingat guru sudah terbiasa dengan metode ceramah tanpa melihat metode lain yang membuat siswa lebih aktif, lebih efektif dan efesien dalam pembelajaran sejarah. Dalam respon siswa dalam pembelajaran sejarah dinyatakan kurang terbukti dengan respon siswa dengan rata-rata 43,4% yang menyatakan kadang-kadang. Faktor-faktor penyebab siswa kurang minat dalam pembelajaran sejarah yaitu penyampaian materi dan penjelasan guru kurang dimengerti, terlalu banyak mencatat dan merangkum, metode yang digunakan, waktu yang kurang tepat, cenderung memberikan tugas PR yang terlalu banyak, males dan bosen serta potensi siswa yang kurang dan pengaruh dari teman.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 08 Feb 2017 07:38 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 04:01 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/700 |
Actions (login required)
View Item |