Implikasi Jumlah Kunjungan Wisata Terhadap Pendapatan Pedagang Kaki Lima (PKL) Pada Masa New Normal

Maya Maesaroh, (2022) Implikasi Jumlah Kunjungan Wisata Terhadap Pendapatan Pedagang Kaki Lima (PKL) Pada Masa New Normal. Bachelor thesis, S1 Hukum Ekonomi Syariah/Muamalah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

Maya Maesaroh. NIM: 1708202148, “IMPLIKASI JUMLAH KUNJUNGAN WISATA TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG KAKI LIMA (PKL) PADA MASA NEW NORMAL (Studi Kasus Wisata Religi Makam Sunan Gunung Jati Cirebon)”, 2022. Makam Sunan Gunung Jati merupakan wisata religi yang masyarakat sering kunjungi. Namun hadirnya pandemi covid-19 di Indonesia menghentikan berbagai kegiatan masyarakat, seperti sektor pariwisata di makam Sunan Gunung Jati, sehingga mengalami penurunan kunjungan wisatawan dan menyebabkan menurunnya tingkat pendapatan para pedagang kaki lima (pkl) di kawasan wisata. Adanya pemberlakukan kebijakan new normal sebagai alternatif untuk membangkitkan kembali pariwisata dalam meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah kunjungan wisawatan, dampak kunjungan terhadap pendapatan pedagang kaki lima (pkl) dan strategi pedagang kaki lima (pkl) pada masa new normal. Metode penelitian menggunkan penelitian kualitatif dengan jenis field research yang menghasilkan data deskriptif yang ditujukan untuk menggambarkan fakta berdasarkan cara pandang atau kerangka berfikir tertentu. Adapun hasil penelitian ini: Pertama, pada masa covid-19 terjadi penutupan, tetapi pada masa new normal wisatawan mulai datang berkunjung. Kedua, pandemi covid-19 berdampak pada perekonomian seperti pedagang kaki lima (pkl) tidak memperoleh pendapatan. Ketiga, Pendapatan pedagang kaki lima (pkl) masa new normal mengalami penurunan karena menurunnya jumlah pengunjung, minat beli, faktor ekonomi. Keempat, Strategi pemasaran yang dilakukan beberapa pedagang kaki lima di wisata religi pada masa new normal beberapa presfektif ekonomi syariah meliputi segi produk, harga, promosi dan tempat yang telah diatur dalam ekonomi syariah. Kata Kunci: Kunjungan Wisata, Pendapatan, Strategi dan New Normal

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:47
Last Modified: 20 Jul 2022 03:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7176

Actions (login required)

View Item View Item