Ines Tri Hartati, (2022) Implementasi Etika Bisnis Islam Pada Pedagang Dipasar Desa Pabuaran Kidul Cirebon. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
awalan dll.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
bab i.pdf Download (505kB) | Preview |
|
|
Text
bab v.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
dapus.pdf Download (280kB) | Preview |
Abstract
INES TRI HARTATI. 1808203010, “Implementasi Etika Bisnis Islam Pada Pedagang di Pasar Desa Pabuaran Kidul Cirebon”, 2022. Etika bisnis Islam berperan penting dalam perilaku berbisnis. Pelaku bisnis akan membawa kemakmuran di dunia dan akhirat bila berbisnis berlandaskan syariat Islam. Pedagang di pasar desa Pabuaran Kidul hampir semuanya beragama Islam dan pembeli nya mayoritas beragama Islam tentunya tidak dapat menyangkal adanya pelaksanaan etika bisnis Islam. Namun, ada beberapa pedagang yang masih beraktifitas saat adzan berkumandang, ada pedagang lakilaki tidak melaksanakan ibadah sholat jumat padahal letak masjid berada di depan pasar, dan terlihat ada pedagang yang melayani pembeli dengan bermuka masam.Sehingga dapat dikatakan pedagang tersebut belum mengindahkan etika bisnis dalam Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dari pertanyaanpertanyaan yang menjadi rumusan masalah: “Bagaimana etika bisnis yang dilakukan pedagang di Pasar Desa Pabuaran Kidul Cirebon dan apakah etika bisnis Pedagang di pasar Desa Pabuaran Kidul Cirebon sudah sesuai dengan etika bisnis dalam Islam”. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, data yang dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data dan kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu : etika bisnis yang dilakukan oleh pedagang di pasar desa Pabuaran Kidul meliputi jujur dalam menginformasikan barang dagangan, memastikan ketepatan dalam menakar atau menimbang barang dagangan, ramah dalam melayani pembeli, tidak sabar dalam menghadapi pembeli,sabar dalam melayani pembeli,sopan dalam melayani pembeli, menjaga kualitas barang dagangan, bersaing secara sehat, dapat membagi waktu sholat dengan kegiatan berdagang, tidak menyegerakan dan lalai melaksanakan sholat ketika berdagang, tidak membeda - bedakan pembeli ketika bertransaksi jual beli, memberikan harga yang wajar, menerima komplain dari pembeli atas kerusakan suatu barang, dan bermurah hati. Mayoritas pedagang di pasar desa Pabuaran Kidul telah menerapkan etika bisnis yang sesuai dengan nilai kesatuan (unity), keseimbangan (equilibrium), kehendak bebas (Free Will), tanggung jawab (responsibility) dan kebenaran (kebajikan dan kejujuran ) dalam etika bisnis Islam. Namun, konsep nilai kebajikan atau Ihsan dan kesatuan atau unity belum terpenuhi karena masih ada pedagang yang belum sabar dalam menghadapi pembeli yang rewel atau tidak mengenakan hatinya, dan tidak menyegerakan serta lalai dalam melaksanakan sholat lima waktu ketika berdagang. Kata Kunci : Etika Bisnis Islam, Pedagang, Pasar Tradisional
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 03:33 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 03:33 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7240 |
Actions (login required)
View Item |