Inggit Nuramelia Puspitasari, (2022) Pengaruh Financial Literacy Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Menabung Generasi Milenial Pada Bank Syariah. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (680kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (390kB) | Preview |
Abstract
Inggit Nuramelia Puspitasari. NIM: 1808203156, “Pengaruh Financial Literacy dan Word of Mouth terhadap Minat Menabung Generasi Milenial Menabung pada Bank Syariah”, Skripsi 2022 Bank syariah masih memiliki market share lebih rendah daripada bank konvensional, dimana di tahun 2020 bank syariah masih kalah saing dengan bank konvensional, karena market share bank syariah masih diangka 6,51%. Literasi keuangan di Indonesia mengalami peningkatan 8,33% dari tahun 2016-2019. Angka tersebut masih terbilang rendah jika dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya. Lemahnya literasi keuangan menjadi alasan-alasan utama bagi banyak rumah tangga untuk tidak menggunakan jasa tabungan, pinjaman ataupun asuransi dalam kehidupan sehari-hari mereka. Dengan adanya salah satu jenis pemasaran yang lebih dipercaya oleh masyarakat yaitu word of mouth atau sering disebut dengan komunikasi dari mulut ke mulut dapat menumbuhkan minat masyarakat menabung di bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui financial literacy dan word of mouth terhadap minat menabung generasi milenial pada bank syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Kemudian diuji analisis data dengan menggunakan uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis dengan bantuan aplikasi IBM SPSS versi 25. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, menunjukkan bahwa financial literacy berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat menabung di bank syariah. Dan pada variabel word of mouth juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat menabung di bank syariah. Secara simultan pengaruh variabel financial literacy dan word of mouth memberikan kontribusi sebesar 74,30% terhadap minat menabung pada bank syariah, dan sisanya 25,7% dapat dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini. Kata Kunci: Financial Literacy, Word of Mouth, Perbankan Syariah
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 02:18 |
Last Modified: | 12 May 2023 07:45 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7284 |
Actions (login required)
View Item |