Tingkat Keterbacaan Buku Teks Bahasa Indonesia Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2018 Kelas XII Berdasarkan Formula Grafik Raygor dan Grafik Fry

Sindi Juliyana Indah, (2022) Tingkat Keterbacaan Buku Teks Bahasa Indonesia Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2018 Kelas XII Berdasarkan Formula Grafik Raygor dan Grafik Fry. Bachelor thesis, S1 Tadris Bahasa Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

Kegiatan membaca menjadi upaya penting bagi setiap orang, khususnya bagi pelajar karena akan meningkatkan daya ingat dan kecerdasan. Membaca diartikan kegiatan yang dilakukan dengan memfokuskan mata dan pikiran kearah sumber bacaan. Sumber bacaan yang disajikan pada peserta didik harus menyesuaikan tingkatan dan usia supaya lebih mudah dipahami. Buku bacaan teks sangat krusial dalam berlangsungnya pembelajaran guna memudahkan siswa dalam membaca dan memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterbacaan pada buku teks Bahasa Indonesia terbitan KEMDIKBUD edisi revisi 2018 kelas XII berdasarkan formula grafik Raygor dan grafik Fry dan guna mengetahui jenis-jenis teks tersebut. Permasalahan mengenai keterbacaan buku teks berawal dari hasil kemampuan membaca siswa yang mengikuti bimbingan belajar rendah. Metode penelitian ini adalah Kualitatif dan teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik baca dan catat. Waktu pengambilan data dilakukan kurun waktu 5 bulan dari bulan November sampai bulan Maret. Implikasi dalam penelitian ini mencakup tiga hal baik siswa, guru, dan penelitian selanjutnya. Berdasarkan hasil hitungan grafik Raygor dari 26 teks representatif menghasilkan 9 sesuai, 9 tidak sesuai, dan 8 Invalid. Perhitungan grafik Fry menghasilkan 13 teks sesuai, 10 teks tidak sesuai, dan 3 teks Invalid. Jenis teks yang dianalisis berjumlah 26 teks yaitu teks prosedur 1 teks, teks narasi 2 teks. Teks informatif 1 teks, teks cerpen 1 teks, teks novel 4 teks, teks deskriptif 3 teks, teks eksposisi 8 teks, teks editorial 1 teks, teks kritik 1 teks, teks esai 3 teks, dan teks drama 1 teks.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 25 Jul 2022 02:25
Last Modified: 06 Dec 2022 07:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7285

Actions (login required)

View Item View Item