KANESIH, (2012) PENERAPAN NILAI – NILAI RELIGIUS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS X DI SMK YASMI GEBANG KECAMATAN GEBANG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
KANESIH_58440859__OK.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
KANESIH, 58440859 : "Penerapan Nilai-nilai Religius Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPS Kelas X di SMK YASMI Gebang, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon". Pendidikan merupakan usaha dalam bentuk bimbingan, pengajaran serta pelatihan untuk menyiapkan peserta didik di masa yang akan datang, akan tetapi bukan hanya nilai-nilai pendidikan umum saja akan tetapi harus disertai dengan nilai-nilai keagamaan atau nilai-nilai religius. Pendidikan sebagai jembatan untuk upaya kualitas dan kuantitas sumber daya manusia yang akan meneruskan perjuangan suatu negara ke arah yang lebih baik. Sekolah merupakan pendidikan formal yang memegang peranan penting untuk membentuk kepribadian. Untuk membentuk suatu kepribadian tersebut tentu bukan hanya melalui pendidikan formalnya saja atau bukan hanya mencapai nilai-nilai umumnya saja, tetapi juga harus mencapai nilai- nilai religinya juga, karena suatu pribadi tanpa adanya nilai religi maka akan hancur di masa yang kekal abadi (akhirat) begitu juga suatu pribadi seseorang tanpa adanya nilai-nilai urnum maka ia akan sengsara di dunia. oleh karena itu manusia atau pribadi berhak memperoleh pendidikan religius dan pendidikan umum. Dengan kedua pencapaian tersebut maka seorang manusia mempunyai kepribadian yang baik, karena di tempat ini siswa semua dididik dengan prinsip perubahan pada manusia sendiri. Dalam proses belajar mengajar diharapkan siswa-siswa memperoleh perubahan-perubahan, yang antara lain dapat memahami, mengembangkan, serta mengamalkan ilmu pngetahuan yang didapat oleh siswa ke dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan nilai-nilai religius pada siswa di SMK YASMI Gebang, kualitas pembelajaran IPS dan upaya-upaya peningkatan kualitas pembelajaran untuk memperoleh informasi mengenai kualitas pembelajaran IPS Penerapan nilai-nilai religius dalam pemebelajaran IPS tentunya dimulai dengan konsep dasar misalnya pembacaan ayat suci Al Qur‟an sebelum memulai pelajaran IPS dan digabungkan dengan konsep pendidikan IPS yang dibangun oleh siswa, seorang pendidik harus memfasilitasi salah satu untuk mewujudkan adalah dengan hal-hal yang real dalam kehidupan keseharian yang terkait dengan nilai-nilai religi dan pembelajaran IPS. Penelitian ini dilakukan dengan metodologi kualitatif dengan cara observasi, wawancara serta studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian maka penerapan nilai-nilai religius dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran IPS kelas X di SMK YASMI Gebang, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, berhasil diterapkan pada siswa-siswa SMK YASMI Gebang pada setiap pembelajaran khususnya pembelajaran IPS
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 20 Feb 2017 08:15 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 06:06 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/734 |
Actions (login required)
View Item |