MAKHBUBUDIN, (2012) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIFITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS VIII SMP AR-ROHMAN KRANGKENG KABUPATEN INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
MAKHBUBUDIN_58440863__OK.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
MAKHBUBUDIN : Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktifitas Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas VIII SMP Ar-Rohman Krangkeng Kabupaten Indramayu Sebagian siswa SMP Ar-Rohman Krangkeng menganggap bahwa pelajaran IPS merupakan salah satu pelajaran yang sulit dan membosankan, karena guru kurang kreatif dalam menyampaikan berbagai materi pelajaran dan biasanya pembelajaran di dominasi oleh guru (Teacher Centered), sehingga menyebabkan proses pembelajaran tidak efektif. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa tidak terjadi peningkatan dan aktivitas siswa yang kurang aktif atau pasif. Salah satu upaya untuk mengatasi rasa jenuh/bosan siswa yaitu dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Quiz Team sehingga bisa membantu siswa dalam memahami materi permintaan, penawaran, dan terbentuknya harga pasar dengan baik, dan terjadi peningkatan hasil belajar dan aktifitas siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa dalam pembelajaran aktif tipe Quiz Team pada mata pelajaran IPS-Ekonomi pokok bahasab permintaan, penawaran, dan terbentuknya harga pasar, serta untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Quiz Team. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII A SMP Ar-Rohman Krangkeng. Strategi pembelajaran aktif tipe Quiz Team merupakan suatu strategi pembelajaran dimana siswa belajar dan bekerja sama dalam kelompok atau sebagai tim secara kolaboratif. Penentuan strategi pembelajaran ini secara tepat dan disesuaikan dengan materi yang memungkinkan siswa untuk belajar lebih baik. Penerapan strategi ini sebagai alat bantu dalam pembelajaran IPS-Ekonomi yang dapat meningkatkan aktivitas siswa dan memotivasi siswa dalam belajar, sehingga siswa mampu memahami materi dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan di SMP Ar-Rohman Krangkeng Kabupaten Indramayu dengan subyek penelitian kelas VIII A sebanyak 30 siswa, penelitian ini dengan menggunakan penelitian tindakan kelas yang dikembangkan oleh Kurt Lewin dan siklus yang digunakan sampai siklus ke-tiga. Prosedur penelitian terdiri dari 4 (empat) tahap, yakni; perencanaan, melakukan tindakan, observasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, lembar observasi, tes, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa aktivitas siswa dalam proses pembelajaran aktif tipe Quiz Team setiap siklusnya mengalami peningkatan. Aktivitas siswa pada siklus-I baik (74,98%), siklus ke-II aktivitas siswa mengalami peningkatan menjadi (83,75%) yaitu aktivitas sangat baik, sedangkan pada siklus ketiga aktivitas siswa mengalami peningkatan yang signifikan menjadi (89,71%) artinya aktivitas siswa pada siklus ke-III ini sangat baik. Rerata hasil belajar siswa selama pembelajaran aktif tipe Quiz Team pada siklus I dan siklus II masih berada dibawah KKM yaitu 5,59 pada siklus I dan 6,56 pada siklus II. Pada siklus III, Rerata hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 7,04 diatas KKM yang ditentukan. Respon siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Quiz Team ini menyatakan sangat setuju (75,64%) pada mata pelajaran IPS-Ekonomi pokok bahasa permintaan, penawaran, dan terbentuknya harga pasar.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 21 Feb 2017 06:27 |
Last Modified: | 23 Aug 2021 15:37 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/738 |
Actions (login required)
View Item |