Analisis Buku Teks Biologi Berdasarkan Literasi Sains Pada Materi Ekosistem Kelas X Di SMA/MA Se-Kota Cirebon

Imron Rosadi, (2021) Analisis Buku Teks Biologi Berdasarkan Literasi Sains Pada Materi Ekosistem Kelas X Di SMA/MA Se-Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (283kB) | Preview

Abstract

Literasi sains penting untuk bekal kehidupan siswa. Namun, berdasarkan PISA tahun 2015 menempati urutan ke-64 dari total 72 negara yang mengikuti PISA dengan perolehan skor 403, dan pada tahun 2018 berada di peringkat 74 dari 79 negara dengan skor 371, oleh karena itu untuk memfasilitasi tersampaikannya literasi sains dapat melalui penggunaan bahan ajar yang berliterasi sains dan adaptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat literasi sains pada buku teks biologi berdasarkan kemunculan indikator literasi sains yang di gunakan di SMA/MA Kota Cirebon kelas X dalam materi ekosistem dan mendeskripsikan perbandingannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi sains berdasarkan kemunculan indikatornya pada buku Penerbit Erlangga yaitu kategori sains sebagai batang tubuh pengetahuan adalah 75% (tinggi), cara berpikir adalah 66,67% (tinggi), cara untuk menyelidiki adalah 38,1% (rendah), dan interaksi sains, teknologi dan masyarakat adalah 16,67% (sangat rendah). Penerbit Tiga Serangkai kategori sains sebagai batang tubuh pengetahuan adalah 62,50% (sedang), cara berpikir adalah 81,48% (tinggi), cara untuk menyelidiki adalah 66,67% (tinggi), dan interaksi sains, teknologi dan masyarakat adalah 16,67% (sangat rendah). Penerbit Grafindo Media Pratama kategori sains sebagai batang tubuh pengetahuan adalah 70,83% (tinggi), cara berpikir adalah 74,08% (tinggi), cara untuk menyelidiki adalah 47,61% (sedang), dan interaksi sains, teknologi dan masyarakat adalah 5,55% (sangat rendah). Perbandingan literasi sains pada buku teks Penerbit Erlangga 52,21% (sedang), pada Penerbit Tiga Serangkai 60% (sedang), dan pada Penerbit Grafindo Media Pratama adalah 53,33% (sedang).

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 28 Jul 2022 05:54
Last Modified: 04 Aug 2022 02:55
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7556

Actions (login required)

View Item View Item