NIA KURNIASIH, (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DALAM TEKNIK INSIDE-OUTSIDE-CIRCLE PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI (PTK Terhadap Siswa Kelas VIII SMPN 3 Luragung Kab. Kuningan). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
NIA KURNIASIH_58440914__OK.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
NIA KURNIASIH : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Dalam Teknik Inside-Outside-Circle Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas VIII SMPN 3 Luragung Kab. Kuningan Kritikan yang ditujukan kepada pengajaran IPS, karena membosankan, jenuh, lebih menekankan pada hafalan, siswa yang pasif dan aktivitas didominasi oleh guru. Kondisi yang terjadi di lapangan yaitu siswa kelas VIII A di SMPN 3 Luragung Kab. Kuningan dalam kegiatan belajar mengajar model pembelajaran yang diterapkan oleh guru masih kurang dalam meningkatkan keaktifan siswa didalam kelas, siswa pasif pada proses pembelajaran. Dimana siswa belum terbiasa untuk aktif dikelas, baik itu dari segi berkomunikasi seperti untuk bertanya atau berpendapat. Sehingga dalam hasil belajar pun masih kurang dari yang diharapkan. Maka guru harus menerapkan model pembeljaran yang tepat dalam memberikan konsep pada siswa, yaitu dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning dalam teknik inside-outside-circle untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model cooperative learning dalam teknik inside – outside – circle pada pembelajaran IPS, untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning dalam teknik inside – outside – circle. Dan untuk untuk mengetahui peningkatan tentang hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning dalam teknik inside – outside – circle. Penelitian ini merupakan upaya membantu siswa untuk memahami pelajaran IPS. Dimana dalam pelajaran IPS khususnya ekonomi materi yang digunakan kebanyakan adalah teori, sehingga yang sering digunakan oleh siswa adalah cara yang hanya sebatas menghafal, tenpa memahami apa yang sudah dipahami. Maka dalam proses pembelajaran harus diterapkan aktivitas pembelajaran yang sesuai dengan tahap berfikir, dapat memecahkan masalah dan dapat berkomunikasi dengan guru maupun dengan teman sebaya dalam memperoleh informasi yang sesuai dengan pembelajaran. Dengan demikian penulis berupaya untuk mencari solusi agar siswa dapat mempelajari materi dengan baik sehingga memperoleh hasil belajar yang baik pula dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning dalam teknik inside-outside-circle. Penelitian yang digunakan peneliti adalah PTK. Adapun teknik penulisan selama penelitian ini dengan menentukan data teoritik dan data data empirik yang diperoleh dari lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMPN 3 Luragung kab. Kuningan. Teknik pengumpulan data dengan angket, observasi dan test tertulis. Untuk analisis data diolah secara kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil penelitian bahwa nilai test tulis siswa mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya. Pada siklus I ketuntasan belajar yaitu 44,11% dan nilai rata-rata yitu 57,35, siklus II ketuntasan belajar yaitu 82,35% dan nilai rata-rata yaitu 72,62 dan siklus III ketuntasan belajar yaitu 91,17% dan nilai rata-rata yitu 82,35. Dan aktivitas siswa pada proses pembelajaran dengan menerapkan model cooperative learning dalam teknik inside-outside-circle mengalami peningkatan dalam keaktifan siswa dari setiap siklusnya yaitu siklus I adalah 50%, siklus II adalah 66% dan siklus III adalah 84%.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 23 Feb 2017 04:35 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 07:17 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/757 |
Actions (login required)
View Item |