NINDYAERYANA, (2012) PENERAPAN GAYA BELAJAR AUDITORY,VISUAL,KINESTIK DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X-VI DI SMA NEGERI 8 CIREBON (PTK di SMANegeri 8Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
NINDYA ERYANA_58440826__OK.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
NINDYAERYANA: PenerapanGayaBelajarAuditory,Visual,KinestikDalamUpaya Meningkatkan Hasil Belajar SiswaPada Mata Pelajaran EkonomiKelas X di SMA Negeri 8 Cirebon Gaya belajar merupakan salah satu elemen terpenting yang ada didalam dunia pendidikan.Dewasa ini banyaknya tenaga pendidik yang kurang memperhatikan masalah gaya belajar siswa dalam mengajarnya. Hal Ini tampak dari rata-rata hasil belajar peserta didik yang sangat memprihatinkan .Proses pembelajaran sampai sekarang ini masih memberikan dominasi guru dan tidak memberikan akses bagi anak didi kuntuk berkembang secara mandiri melalui cara belajarnya masing-masing. Hal inilah yang sering kita temui di sekolah selama ini, tak terkecuali di SMA Negeri 8 Cirebon. Sehingga siswa merasa bosan, kurang termotivasi dalam belajar dan hasil belajarnya kurang sesuai dengan tujuan yang ingin di capai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ekonomi di kelasXVI di SMA Negeri 8 Cirebon dengan menggunakan gaya belaj arauditory,visual, dan kinestik. Gaya belajar auditory,visual,dan kinestik ini mengarah kepada gaya belajar siswa yaitu dengan cara melihat, mendengar, serta dengan praktek atau gerak. Dengan adanya gaya belajar ini siswa diberikan kebebasan serta ruang lingkup untuk dapat memilih gaya belajar sesuai dengan kemampuan yang dimiliki masing-masing siswa atau tiap individu. Disamping itu siswa juga dapat belajar secara efektif karena mereka belajar dengan leluasa tanpa adanya rasa bosan karena gaya belajar ini dapat menumbuh kembangkan didalam motivasi belajar siswa yang cenderung pasif karena kebanyakan siswa dijadikan objek belajar seharusnya siswa merupakan subjek belajar didalam belajarnya sedangkan guru atau tenaga pendidik hanyalah fasilitator saja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan melakukan penelitian tindakan kelas, sedangkan dalam pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik wawancara, observasi, dantes. Adapun tahapantahapan dalam penelitian tin dakan kelas ini adalah dengan melaksanakan perencanaan., pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi pada tiap siklusnya Pada pelaksanaan tindakan yang dilakukan selama tiga siklus, terja dipeningkatan hasil belajar. Hasil belajar siswa pada tindakan siklus I menunjukkan bahwa 28 orang siswa (77,7%) dari 36 siswa dinyatakan telah lulus. Pada pelaksanaan tindakan siklus II, diperoleh32 orang siswa (88,8%) dinyatakan telah lulus. Dan pada pelaksanaan siklus III, diperoleh 35 orang siswa (97,2%) dinyatakan lulus. Sedangkan Rata-rata kelas Siklus I,II, dan III juga mengalami peningkatan yakni 72%, 74,2% dan 77,6%. Dari hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh 2,8 siklus II 3,1 dan siklus III sebanyak 3,6.Pada Hasil kerja guru siklus I diperoleh 2,9, siklus II 3,2 dan siklus III 3,6.Adapun pada hasil tesgayabelajar yang digunakan terlihat bahwa pada umumnya siswa auditory atau siswa dengan cara gaya belajar mendengar lebih banyak 15 orang siswa, siswadengancaramelihatsebanyak 10 0rang siswa dan kinestik atau siswa dengan cara gaya belajar bergerak sebanyak 11 orang siswa
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 23 Feb 2017 04:43 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 07:20 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/758 |
Actions (login required)
View Item |