Nur Arifiana Winarti, (2021) Implementasi Media Senter Kertas dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini di PAUD Bintang Sembilan Tengahtani Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1 Tadris Pendidikan Guru Raudathul Atfal IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
COVER - DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (547kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (533kB) | Preview |
Abstract
Implementasi media senter kertas untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak masih jarang digunakan di PAUD yang ada didaerah Tengahtani, ketersediaan media di sekolah-sekolah yang ada di Tengahtani, khususnya dalam mengembangkan kemampuan bahasa. PAUD Bintang Sembilan Tengahtani Kabupaten Cirebon merupakan sekolah yang sudah mengimplementasikan media senter kertas untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak melalui perencanaan, pelaksanaan,penggunaan media dan evaluasi. Penulis melalukan penelitian bertujuan untuk Mengetahui perkembangan bahasa anak dan Mendeskripsikan implementasi penggunaan media senter kertas untuk mengembangkan bahasa anak usia dini di PAUD Bintang Sembilan Tengahtani Kabupaten Cirebon. penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu langkah kerja untuk mendeskripsikan suatu objek, fonomena, atau setting sosial terjemahan dalam suatu tulisan yang bersifat naratif menggambarkan apa, mengapa dan bagaimana suatu kejadian terjadi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan Implemetasi media senter kertas dalam perkembangan Bahasa anak usia dini di PAUD Bintang Sembilan telah berjalan dengan baik. hal ini terbukti dengan Implemetasi media senter kertas, aspek-aspek perkembangan bahasa yang meliputi anak jadi lebih berani berbicara dan bercerita, mengenal objek, mengenal gambar dan mengenal huruf/tulisan. telah berkembang dengan baik sesuai tingkat pencapaian perkembangan yang harus dicapai oleh peserta didik sesuai dengan usia anak. Perkembangan Kemampuan Bahasa Anak melalui Penggunaan Media Senter Kertas di PAUD Bintang Sembilan Tengahtani Kabupaten Cirebon anak sudah memiliki peningkatan diantaranya anak berani mengucapkan kosakata melalui gambar sebesar 85%, Anak mampu menulis huruf sesuai dengan objek sebesar 82,5%, Anak mampu mengenal gambar disertai tulisan hurufnya sebesar 80%, mampu mengingat kosakata yang sudah ditulis sebesar 80%, Anak mampu bercerita dengan objek gambar yang dilihat sebesar 82,5% dengan rata-rata kriteria Berkembang Sesuai Harapan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 04 Aug 2022 03:09 |
Last Modified: | 04 Aug 2022 03:09 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7582 |
Actions (login required)
View Item |