Seli Damayanti, (2021) Peran Orang Tua dalam Pembentukan Moral Anak Usia Dini di RA Al-Munawaroh Patalangan Kuningan. Bachelor thesis, S1 Tadris Pendidikan Guru Raudathul Atfal IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
Coveer.pdf Download (690kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (52kB) | Preview |
Abstract
Peran orang tua sangat penting dalam perkembangan anak serta membentuk moral anak, terutama ayah dan ibu karena menjadi sekolah pertama bagi anak�anaknya. Orang tua mengajarkan anak mulai dari belajar disiplin, sampai mempelajari nilai-nilai yang berlaku dimasyarakat dan larangan yang ada. Tetapi seiring berjalannya waktu perkembangan yang semakin canggih membuat nilai�nilai moral menjadi luntur karena terbawa oleh budaya-budaya baru. Akan tetapi disamping permasalahan itu, didaerah Patalagan masih ada yang masih mengerti sopan santun dari tutur kata, bertingkahlaku, maupun berpakaian. Sopan santun tersebut dapat ditemukan dilingkungan sekolah yaitu di RA Al-Munawaroh Patalagan. Jenis Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, orang tua dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui empat tahapan yaitu pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Moral anak di RA Al�Munawaroh sangat baik dimana anak sudah menunjukkan prilaku-prilkau yang baik dimulai dari anak sudah bisa mempraktekkan gerakan shalat, mengucapkan salam dan doa-doa pendek. Selain itu juga anak bisa bersikap sesuai dengan moral antara lain saling tolong menolong, mengucapkan kata terimakasih, bersikap jujur, bersalaman kepada orang yang lebih tua dan memiliki sikap menghargai dirinya dengan berbusana yang baik.. (2) Peran orang tua dalam pembentukan moral dengan cara memberikan hak dan kewajiban anak sesuai dengan fungsi orang tua. Serta memberikan pembentukan moral dimulai dengan cara pembentukan pandangan moral, perasaan moral dan tingkah laku moral. Untuk menerapkan itu semua orang tua menggunkaan metode dengan caara mencotohkan lamgsung, bercerita mengenai pengalamanan anak, memebacakan buku cerita dan menonton video pembelajaran. (3) Kontribusi pihak sekolah terhadap pembentukan moral anak dengan melalui parenting dan komunikasi dengan orang tua. Selain itu juga dengan memberikan pengawasan lingkungan anak.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 04 Aug 2022 03:12 |
Last Modified: | 04 Aug 2022 03:12 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7598 |
Actions (login required)
View Item |