Irfan Hania, and Suteja, (2021) Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali dan Ibn Rusyd Serta Relevansinya di Abad 21. Heutagogia: Journal of Islamic Education, 1 (2). pp. 121-130.
|
Text
9. jurnal nasional Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali dan Ibn RusydSerta Relevansinyadi Abad 21.pdf Download (389kB) | Preview |
Abstract
Kajian tentang Al-Ghazali dan Ibn Rusyd tidak lekang oleh zaman. Walaupun kedua pemikir islam ini tidak bersepakat dalam kefilsafatan, namun konsep ilmu pengetahuan yang mereka tawarkan selalu menjadi acuan dalam wacana membangun Pendidikan Islam. Benang merah yang didapat dari kedua pemikiran tokoh besar ini adalah penekanan kepada akal dan spiritual. Tulisan ini bertujuan memaparkan konsep pendidikan Islam dan relevansinya di abad 21 ini dalam perspektif Al-Ghazali dan Ibn Rusyd. Penelitian ini berupa riset berbasis pustaka dengan pendekatan kualitatif. Temuan dari riset ini yaitu kedua tokoh besar Islam tersebut menuturkan bahwa pendidikan merupakan pembentukan insan paripurna guna memperoleh kebahagiaan di dunia dan di akhirat.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Islam, Al- Ghazali, Ibn Rusyd, Relevansi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 17:10 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 17:10 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7722 |
Actions (login required)
View Item |