Lina Nurjannah, (2022) Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Pada Pedagang Di Pasar Ciborelang Jatiwangi Majalengka. Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
1 HALAMAN DEPAN.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
LINA NURJANNAH, NIM: 1808204037 “PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM TRANSAKSI JUAL BELI PADA PEDAGANG DI PASAR CIBORELANG JATIWANGI MAJALENGKA”, 2022. Bisnis yang benar-benar baik menurut Al-Qur’an adalah bisnis yang mendatangkan keuntungan bagi pelakunya tidak hanya di dunia tetapi juga di akhirat. Etika bisnis adalah seperangkat nilai baik, buruk, benar, dan salah dalam dunia bisnis berdasarkan prinsip moralitas. Dengan kata lain prinsip etika bisnis harus dimiliki oleh setiap orang yang menjalankan bisnis. Seperti pada pedagang di pasar Ciborelang Jatiwangi yang sebagian besar pedagang beragama Islam. Namun dalam faktanya masih banyak terjadi pelanggaran etika dalam perilaku berbisnis, dalam hal ini mendorong spekulasi bagi para pelaku bisnis. Permasalahan yang akan dibahas dalam studi ini meliputi penerapan etika bisnis Islam pada pedagang di Pasar Ciborelang Jatiwangi Majalengka. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu deskriptif kualitatif, selain itu jenis data yang digunakan meliputi data primer dan sekunder. Dalam penelitian teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi dan wawancara. Adapun responden dalam penelitian ini adalah pedagang dan pembeli di Pasar Ciborelang Jatiwangi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan etika bisnis Islam pada pedagang di Pasar Ciborelang Jatiwangi Majalengka sudah mengetahui dan memahami etika bisnis Islam. Etika bisnis Islam adalah tata cara transaksi jual beli dari segi ramah, sopan dan jujur. Mengenai penerapan etika bisnis Islam sudah berjalan cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan cara pedagang membeli dan menjual, mengikuti prinsip-prinsip etika bisnis Islam Rasulullah SAW, seperti aqidah dan akhlak, kejujuran, bertanggung jawab, persaingan yang sehat, dan keadilan. Namun, masih banyak pedagang yang tidak memahami etika bisnis Islam. Kemudian faktor-faktor yang mempengaruhi etika bisnis Islam pada pedagang di pasar Ciborelang yaitu faktor pendukung meliputi berakhlakul karimah, tidak adanya diskriminasi harga, kejujuran, bertanggung jawab. Faktor penghambat meliputi faktor pendidikan dan terbatasnya sosialisasi edukasi. Kata Kunci: Pemahaman, Penerapan, Etika Bisnis Islam.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 08 Aug 2022 08:00 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 00:36 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7796 |
Actions (login required)
View Item |