NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (STUDI TERHADAP TAFSIR AL-QUR’AN SURAT AL-HUJURAT AYAT 11-13)

SITI JAMALIYAH, (2013) NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (STUDI TERHADAP TAFSIR AL-QUR’AN SURAT AL-HUJURAT AYAT 11-13). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SITI JAMALIYAH_07410107_ok-min.pdf

Download (670kB) | Preview

Abstract

Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural (Studi terhadap Tafsir Al-Qur’an Surat Al-Hujurat Ayat 11-13) Oleh : Siti Jamaliyah (07410107) Bila tidak dikelola secara benar, kemajemukan dan multikulturalitas bisa menjadi faktor destruktif dan menimbulkan bencana dahsyat. Sebagaimana yang terjadi beberapa waktu lalu, berbagai insiden kekerasan dan intoleransi yang berujung pada radikalisme dan terorisme mewabah dimana-mana. Berangkat dari uraian tersebut diatas, masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah tentang “Nilai-nilai Pendidikan Multikultural“, dimana pada akhir-akhir ini permasalahan tersebut sedang menjadi isu sentral yang sering diperbincangkan oleh para ahli, praktisi serta pemerhati pendidikan khususnya pendidikan Islam di Indonesia. Dalam membahas masalah terbut, masih terdapat perbedaan-perbedaan pendapat diantaranya maslah pro dan kontra terkait wacana penerapan pendidikan multikultural di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Oleh karena itu, penulis berusaha mencari informasi untuk menjawab permasalahan tersebut melalui kajian terhadap tafsir ayatayat Al-Qur‟an yang dinilai relevan dengan permasalahan yang ada. Dan dari hasil penelitian tersebut, penulis mengindikasi bahwa Al-Qur‟an Surat Al-Hujurat Ayat 11- 13 sangat relevan untuk dijadikan dasar konsep pendidikan multikultural karena didalamnya terkandung nilai-nilai multikultural seperti : Menjaga kehormatan, Positif thinking, Toleransi dan Persamaan Derajat. Dari hasil penelitian tersebut akan penulis sajikan dalam bentuk sebuah karya ilmiah berupa skripsi yang berjudul “Nilai-Nilai Pendidikan multikultural (Studi terhadap tafsir QS Al-Hujurat ayat 11-13). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menunjukan konsep pendidikan multikultural berdasarkan pemikiran para ahli pendidikan, 2)Menunjukan pendapat para ulama dalam menafsirkan Qs. Al-Hujurat ayat 11-13, dan 3) Menunjukan nilainilai pendidikan multikultural yang terdapat QS. Al-Hujurat ayat 11-13 Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa kajian pustaka yaitu dengan mengkaji atas tafsir Qs. Al-Hujurat ayat 11-13 tentang nilai-nilai pendidikan multikultural yang terkandung didalammnya serta buku-buku yang berhubungan dengan masalah dalam penelitian ini. Sumber data yang diperoleh adalah data primer, skunder dan tersier dengan menggunakan jenis data teoritik dan kualitatif. Dari penelitian tersebut, dihasilkan kesimpulan bahwa : Pendidikan multikultural tidaklah bertentangan dengan ajaran Islam bahkan nilai-nilai pendidikan multikultural juga terdapat dalam Al-Qur‟an diantaranya yaitu dalam Qs. Al-Hujurat ayat 11-13 antara lain adalah : Larangan mengolok-olok, larangan berburuk sangka, larangan mencari-cari kesalahan orang lain, mengakui persamaan drajat(egaliter), mengakui dan menerima adanya perbedaan antar sesama manusia karena pada hakekatnya perbedaan itu untuk saling mengenal, saling berinteraksi dengan baik dan tidak menjadikan perbedaan sebagai pertentangan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2017 03:43
Last Modified: 12 Jun 2017 03:00
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/798

Actions (login required)

View Item View Item