TERHADAP MOTIF BERPRESTASI PADA MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) AL-HIDAYAH KELURAHAN LEMAHABANG KECAMATAN INDRAMAYU KABUPATEN INDRAMAYU

NUR RUFAIN, (2013) TERHADAP MOTIF BERPRESTASI PADA MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) AL-HIDAYAH KELURAHAN LEMAHABANG KECAMATAN INDRAMAYU KABUPATEN INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
NUR RUFAIN_58410361_ok.pdf

Download (826kB) | Preview

Abstract

NUR RUFAIN, 58410361: “ Pengaruh Penggunaan Media Visual terhadap Motif Berprestasi pada Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al- Hidayah Kelurahan Lemahabang Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu” Penggunaan media visual berupa gambar dan teks pada proses kegiatan belajar mengajar dapat membantu dalam upaya mencapai keberhasilan proses pendidikan dan pengajaran. Oleh sebab itu, guru harus mampu memiliki dedikasi serta keterampilan yang baik untuk memilah dan memilih dalam menggunakan media. Jika Penggunaan media peda orientasi pembelajaran sangat tepat dalam membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pelajaran, maka motifasi belajar dan hasil prestasinya pun akan semakin baik dan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui sejauhmana kondisi objektif mengenai penggunaan media visual, motif berprestasi dan pengaruh Penggunaan Media Visual terhadap Motif berprestasi pada Mata Pelajaran Fiqih siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Kelurahan Lemahabang Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengggunakan deskriptif analisis. Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas VII MTs Al-Hidayah Kelurahan Lemahabang Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu, dengan tehnik pengambilan random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara angket, observasi, wawancara dan study dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif, dengan menggunakan Rumus keberpengaruhan dan koefisien korelasi product moment. Hal ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dan tingkat korelasi kedua variabel tersebut. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Penggunaan Media Visual pada Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Hidayah Kelurahan Lemahabang Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu adalah baik. Indikasinya pembelajaran dengan menggunakan media visual sejumlah 58% (lebih dari setengahnya) responden, menurut hasil angket pembelajaran dengan menggunakan media visual membuat fokus terhadap materi yang sedang dijelaskan. (2) Motif Berprestasi pada Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Hidayah Kelurahan Lemahabang Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu adalah cukup baik. Terbukti dari hasil angket sejumlah 43% (hampir setengahnya) mengatakan bahwa termotifasi untuk belajar lebih giat dengan diterapkan media visual gambar dan teks pada pelajaran fikih. (3) Pengaruh Penggunaan Media Visual terhadap Motifasi Berprestasi pada mata pelajaran Fiqih Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Hidayah Kelurahan Lemahabang Kecamatan siswa kelas VII Indramayu Kabupaten Indramayu sebesar 7,29 %, dengan diperoleh prosentase sebesar 0,27 yang berarti bahwa variabel X memiliki korelasi atau pengaruh rendah terhadap variabel Y. Dengan kata lain, ada korelasi positif dan signifikan antara variabel X dan variabel Y, artinya kenaikan penilaian angka pada penggunaan media visual akan mempengaruhi kenaikan angka pada Motif Berprestasi pada mata pelajaran Fiqih.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2017 04:26
Last Modified: 12 Jun 2017 02:13
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/808

Actions (login required)

View Item View Item