Muhammad Adib Sanaya, (2022) KISAH NABI MUSA DAN NABI KHIDIR DALAM SURAT AL-KAHFI AYAT 60-82 MENURUT TAFSIR AL-SHA’RÂWIY (STUDI ANALISIS HERMENEUTIKA JORGE J. E. GRACIA). Bachelor thesis, IAIN SYEKH NURJATI. S1 IAT.
|
Text
awalan dll.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
bab i.pdf Download (756kB) | Preview |
|
|
Text
bab v.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
dapus.pdf Download (431kB) | Preview |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini mengangkat permasalahan pendidik dan peserta didik dalam perspektif Tafsîr al-Sha‟râwiy Suratal-Kahfi ayat 60-82 serta relevansinya bagi guru dalam konteks kekinian dilihat dari pandangan heremeneutika Jorge. J. E. Gracia. Obyek penelitian ini lebih fokus pada sikap pendidik dan peserta didik yang diambil dari perspektif Tafsîr al-Sha‟râwiy Surat al-Kahfi ayat 60-82, yang kemudian memunculkan rumusan masalah: 1.Bagaimana penafsiran Al-Sha‟râwiy tentang kisah nabi musa dan khidir dalam Q.S Al-Kahfi ayat 60-82. Penelitian dalam skripsi ini merupakan studi pustaka (library research) sebab sumber data yang digunakan secara keseluruhan berasal dari data kepustakaan. Pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah pendekatan hermeneutika. Dalam Tafsîr al-Sha‟râwiy surat al-Kahfi ayat ke-60 sampai ayat ke-82, terdapat tujuh sikap yang identik dengan sikap guru, sikap tersebut adalah tawâdhu‟, menjaga adab, tegas, semangat, bertanggung jawab, menghormati perbedaan pendapat dan mampu menjaga hubungan baik. Hermeneutika Jorge. J. E. Gracia memiliki tiga kaidah yaitu fungsi historis, fungsi makna dan fungsi penerapan, yang dimana pada skripsi ini bias disimpulkan dengan tujuh sikap guru sikap tersebut sangat penting dimiliki oleh seorang guru dan pendidik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidik, Peserta Didik, Hermeneutika. |
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Ilmu Al-Quran dan Tafsir |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 26 Oct 2022 02:33 |
Last Modified: | 26 Oct 2022 02:33 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8158 |
Actions (login required)
View Item |