PROSES BIMBINGAN BELAJAR AL-QUR’AN PADA SANTRI KELAS PEMULA DI PONDOK PESANTREN AN-NADWAH BUNTET KABUPATEN CIREBON

HILMAN ABDU ROHMAN, (2022) PROSES BIMBINGAN BELAJAR AL-QUR’AN PADA SANTRI KELAS PEMULA DI PONDOK PESANTREN AN-NADWAH BUNTET KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN SYEKH NURJATI. S1 BKI.

[img]
Preview
Text
Skripsi Hilman Awal.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Hilman Bab 1.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Hilman Bab 5.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Hilman Daftar Pustaka.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya sistem yang memfokuskan pelajaran Al-Qur‟an sebagai pondasi utama dalam keilmuan yang dipelajari oleh santri pemula. Proses bimbingan belajar Al-Qur‟an dilaksanakan oleh para santri pemula setiap hari yang dibimbing oleh para ustadz dengan menggunakan metode juz amma. Para santri pemula atau yang baru masuk mempunyai kemampuan yang berbeda-beda, namun kebanyakannya para santri pemula belum bisa lancar dalam membaca Al-Qur‟an baik dalam ketepatan panjang pendeknya maupun makhorijul hurufnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses bimbingan belajar Al�Qur‟an pada santri kelas pemula di pondok pesantren An-Nadwah dan menjelaskan hasil bimbingan belajar Al-Qur‟an pada santri kelas pemula di Pondok Pesantren An-Nadwah Buntet Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan subjek ustadz pembimbing Al-Qur‟an dan para santri kelas pemula. Adapun objek dari penelitian ini mengenai proses bimbingan belajar Al-Qur‟an untuk meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur‟an santri kelas pemula di pondok Pesantren An-Nadwah Buntet Kabupaten Cirebon. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selain itu analisis yang digunakan dalam penelitian ini menurut Creswell yaitu membuat dan mengatur data yang sudah dikumpulkan, melakukan overview pada transkrip, deskripsi mendetail tentang setting atau latar dan situasi yang mengitari, menganalisis lebih detail dengan meng-coding data, deskripsi tema yang dipaparkan dalam bentuk narasi, menginterpretasi atau memaknai data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bimbingan belajar Al-Qur‟an pada santri kelas pemula di pondok pesantren An-Nadwah adalah menjadikan para santri lancar dalam membaca Al-Qur‟an dan sesuai panjang pendeknya serta makhorijul hurufnya, terbukti para santri merasa terbantu karena adanya bimbingan belajar Al-Qur‟an bisa meningkatkan kualitas kelancaran membaca Al�Qur‟an dan tepat panjang pendeknya serta makhorijul hurufnya, sehingga para santri merasa senang dengan keberhasilannya karena telah menyelesaikan bimbingan belajar Al-Qur‟an dan mampu membaca Al-Qur‟an dengan lancar dan tepat panjang pendeknya serta makhorijul hurufnya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Belajar Al-Qur'an dan Santri Kelas Pemula
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 27 Oct 2022 03:35
Last Modified: 27 Oct 2022 03:36
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8206

Actions (login required)

View Item View Item