Pendidikan Masyarakat di Masa Pandemi COVID-19: Studi Kasus Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak

Suryadi, Sur (2020) Pendidikan Masyarakat di Masa Pandemi COVID-19: Studi Kasus Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Jurnal Empower : Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 5 (2). ISSN e-ISSN : 2580-0973

[img]
Preview
Text
Pendidikan...Suryadi.pdf

Download (512kB) | Preview

Abstract

Pemberdayaan merupakan sebuah aktivitas di mana seseorang keluar dari situasi yang tidak berdaya, sehingga mempunyai kekuatan untuk bergerak maju. Dengan demikian ia dapat mempengaruhi kehidupan di lingkungan sekitarnya. Di tengah pandemi, peran orang tua menjadi sangat signifikan. Terutama sebagai pendamping bagi anak-anak yang menjalankan belajar di rumah dengan sistem daring. Misalnya, orang tua di Desa Batumirah, RT 02/03 yang merupakan objek penelitian. Dalam kesehariannya, mereka memiliki tanggung jawab tambahan yakni mendampingi anak belajar di rumah. Praktikum berbasis riset ini bertujuan utuk mengetahui peran orang tua terhadap anak selama masa pandemi. Metode yang digunakan adalah studi kasus, yang diikuti dengan pendekatan partisipatif moderat. Sedangkan pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam dengan informan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan banyaknya peran orang tua dalam pendampingan didominasi atau banyak dierankan oleh ibu, khususnya dalam pembelajaran anak di rumah. Walaupun peran keluarga masih berjalan dengan baik, namun ada beberapa orang tua tidak dapat berperan secara optimal atau sedikit acuh dengan alasan sibuk. Dengan alasan keterbatasan pendidikan yang dimiliki orang tua sehingga pembelajaran di rumah tidak bisa dilakukan sebagaimana layaknya guru di sekolah.

[error in script]
Item Type: Article
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Nov 2022 04:45
Last Modified: 17 Nov 2022 05:14
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8277

Actions (login required)

View Item View Item