EMAN SULAEMAN AFIF, (2013) PENGARUH PENGAJIAN KITAB AL AKHLAQ LILBANIN TERHADAP PERILAKU SOSIAL SANTRI USIA 13-15 TAHUN PONDOK PESANTREN IHSAN NURUL HUDA DESA LIGUNGLOR KECAMATAN LIGUNG KABUPATEN MAJALENGKA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
EMAN SULAEMAN AFIFI_07410090_ok-min.pdf Download (682kB) | Preview |
Abstract
EMAN SULAEMAN AFIF (07410090) : Pengaruh Pengajian Kitab Al Akhlaq Lilbanin terhadap Perilaku Sosial Santri Usia 13-15 tahun Pondok Pesantren Ihsan Nurul Huda Kabupaten Majalengka Pondok pesantren sebagai lembaga yang berakar dalam masyarakat, telah berupaya untuk tetap eksis dengan turut pula menjadikan peranannya sebagai lembaga pendidikan Islam, lembaga dakwah, dan lembaga pengembangan masyarakat Pada awal didirikannya, pesantren tidak semata-mata ditujukan untuk memperkaya pikiran santri (murid), tetapi meninggikan moral (Akhlaq), melatih mempertinggi semangat, menghargai nilai-nilai spiritual dan kemanusiaan, mengajarkan tingkah laku yang jujur dan bermoral, dan mempersiapkan para santri untuk hidup sederhana serta bersih hati. Penggalian khazanah budaya Islam melalui kitab-kitab klasik salah satu unsur yang terpenting dari keberadaan sebuah pesantren. Begitu pula Pondok Pesantren Ihsan Nurul Huda yang ada di Desa Ligunglor Majalengka yang mengajarkan ilmu pengetahuan islam melalui pengajian Kitab Kuning, dimana anak-anak dan remaja khususnya di Dusun Tipar menggali ilmu agama di pesantren itu, hal ini bertujuan untuk menanamkan sikap moral (Akhlaq) yang tinggi agar senantiasa mereka bisa menjadi contoh yang baik di masyarakat nanti. Namun dewasa ini perilaku sosial di masyarakat khususnya anak-anak dan remaja di Desa Ligunglor Majalengka cenderung dipengaruhi oleh budaya barat, mulai dari berpakaian, hingga sikap atau perilaku yang tidak sesuai dengan ajaran Islam. Ini terbukti dengan cara berpakaian yang tidak menutupi aurat, kurang patuh dan hormat pada orangtua, dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang proses pengajian kitab Al Akhlaq Lilbanin, untuk memperoleh data tentang perilaku sosial santri usia 13-15 tahun dalam mengamalkan isi kitab Al Akhlaq Lilbanin, untuk memperoleh data tentang pengaruh pengajian kitab Al Akhlaq Lilbanin terhadap perilaku sosial santri usia 13-15 tahun dalam mengamalkan isi kitab tersebut di pondok pesantren Ihsan Nurul Huda Desa Ligunglor Kecamatan Ligung Kabupaten Majalengka Penelitian ini menggunakan pendekatan empirik/lapangan. Sumber data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Populasi penelitian diambil dari seluruh santri yang berjumlah 118 santri dengan teknik random sederhana, sampel yang diambil sebanyak 15% dari 118 siswa yaitu 18 santri. Setelah data terkumpul dilakukan tahap analisis data melalui perhitungan prosentase dan korelasi, kemudian ditafsirkan untuk memperoleh kesimpulan penelitian. Hasil penelitian mengenai pengajian kitab Al Akhlaq Lilbanin (variable x) menunjukan nilai rata-rata sebesar 2,42. Secara prosentase diperoleh perhitungan (2,42 : 3) x 100% = 80.67% yang berada pada interval 76% - 100% berada pada kriteria baik, perilaku sosial santri usia 13-15 tahun (variable y) menunjukan nilai rata-rata 2,4. Secara prosentase diperoleh perhitungan (2,4 : 3) x 100% = 80.00% yang berada pada interval 76% - 100% berada pada kriteria baik, pengaruh pengajian kitab Al Akhlaq Lilbanin terhadap perilaku sosial santri usia 13-15 tahun Pondok Pesantren Ihsan Nurul Huda Kabupaten Majalengka (variabel xy) diperlihatkan koefisien korelasi sebesar 0,425. Hal ini menunjukan angka korelasi sedang, yaitu berada pada interval nilai 0,40 – 0,60 berada dalam interpretasi korelasi yang sedang.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 14 Mar 2017 06:52 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 05:59 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/829 |
Actions (login required)
View Item |