Ajeng Fathimatuzzahro, (2022) DAMPAK POLA ASUH SINGLE PARENT TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTs DARUL MASHOLEH KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.
|
Text
awalan dll.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
bab i.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
bab v.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
dapus.pdf Download (203kB) | Preview |
Abstract
Penerapan pola asuh single parent terhadap anak dapat berdampak pada beberapa aspek kehidupannya seperti aspek sosial, psikologis dan pendidikan.Karena single parent menjalankan peran ganda yakni mencari nafkah dan mengasuh serta membesarkan anak-anaknya sendirian tanpa bantuan dari pasangan. Terlebih jika single parent tersebut harus menghidupi anak usia remaja dengan salah satu ciri-ciri karakternya yaitu kecenderungan ambivalensi. Maka hal ini akan sangat berdampak pada kehidupan sosial dan minat belajar sang anak di sekolah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk: 1) Mengetahui pola asuh yang digunakan single parent, 2) Mengetahui minat belajar anak selaku siswa kelas VIII di MTs Darul Masholeh dan 3) Mengetahui dampak pola asuh single parent terhadap minat belajar anak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus deskriptif.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Spradley yakni analisis domain (menemukan informan), taksonomi (menjabarkan domain lebih rinci), komponensial (mencari perbedaan yang spesifik dari rincian) dan analisi tema budaya (mencari benang merah). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola asuh yang digunakan single parent terbagi menjadi dua, yakni pola asuh demokratis cenderung permisif dan pola asuh demokratis cenderung otoriter.Minat belajar siswa kelas VIII di MTs Darul Masholeh pun terbagi menjadi dua, yakni minat belajar rendah dan minat belajar tinggi yang dibuktikan dengan hasil akhir berupa prestasi belajar. Adapun dampak pola asuh single parent terhadap siswa kelas VIII di MTs Darul Masholeh terbagi menjadi tiga, yakni segi sosial seperti misalnya anak menjadi kurang percaya diri sebab stigma masyarakat tentang keluarga single parent, segi psikologis seperti misalnya sampai ditahap mana sikap penerimaan sang anak; denial, anger, bargaining, depression dan acceptance, terakhir adalah segi pendidikan sebab anak dengan latar belakang keluarga single parent terancam tidak dapat melanjutkan pendidikan karena faktor ekonomi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh, Single Parent, dan Minat Belajar Anak |
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 01:51 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 01:51 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8377 |
Actions (login required)
View Item |