PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP EFEKTIFITAS BELAJAR MATA PELAJARAN SOSIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 CILEDUG KABUPATEN CIREBON

ZHEVIERRA V. PRATAMA, (2013) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP EFEKTIFITAS BELAJAR MATA PELAJARAN SOSIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 CILEDUG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ZHEVIERRA V PRATAMA_58440931_ok-min.pdf

Download (648kB) | Preview

Abstract

ZHEVIERRA V. PRATAMA : Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Efektifitas Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Ciledug Kabupaten Cirebon Pendidikan merupakan proses interaksi belajar mengajar dalam bentuk formal. Dalam kegiatan belajar mengajar terdapat dua hal yang menentukan berhasil tidaknya suatu proses belajar mengajar, yaitu pengelolaan kelas dan pengajaran. Pengelolaan kelas adalah keterampilan guru menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dengan mengembalikannya bila terjadi gangguan. Proses belajar dapat berjalan baik bila dalam suasana wajar tanpa tekanan dan dalam kondisi yang merangsang untuk belajar. Untuk menumbuhkan gairah belajar, diperlukan pengorganisasian / pengelolaan kelas. Pengorganisasian kelas adalah rentetan kegiatan guru untuk menumbuhkan dan mempertahankan organisasi yang efektif. Pembelajaran efektif merupakan pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk dapat belajar dengan mudah, menyenangkan, dan dapat mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang pengelolaan kelas, efektifitas belajar dan pengaruh pengelolaan kelas terhadap efektifitas belajar mata pelajaran sosiologi kelas X di SMA Negeri 1 Ciledug Kabupaten Cirebon. Kegiatan belajar-mengajar merupakan tanggung jawab guru sehubungan dengan fungsinya sebagai pendidik, pengajar, dan pembimbing. Professional guru menjadi acuan terciptanya proses pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Pengelolaan yang tepat merupakan salah satu strategi dalam menciptakan situasi pembelajaran yang efektif dan efisien. Dalam kegiatan belajar mengajar, pengelolaan pembelajaran kelas yang tepat turut meningkatkan efektifitas pembelajaran siswa. Penelitian dilakukan dengan pendekatan empirik kuantitatif. Data yang dibutuhkan adalah data teoritik diperoleh melalui teknik dokumenter yang bersumber dari buku–buku literatur yang ada hubungannya dengan judul penelitian, data empirik diperoleh melalui terjun langsung ke objek penelitian dengan menggunakan observasi, angket dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis korelasi product moment, untuk menghitung seberapa besar pengaruh pengelolaan kelas terhadap efektifitas belajar menggunakan rumus koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas sebesar 82,27% kriteria baik, dan efektifitas belajar sebesar 83,63%. Pengaruh pengelolaan kelas terhadap efektifitas belajar sebesar 0,797 kriteria kuat. Tingkat signifikansi koefisien korelasi diukur dari probabilitas menghasilkan 0,000, berarti hipotesis dapat teruji dan diterima kebenarannya karena < 0,05. Nilai R Square (koefisien determinasi) sebesar 0,636 berarti pengelolaan kelas berpengaruh terhadap efektifitas belajar sebesar 63,6% dan sisanya 36,48% ditentukan oleh variabel lain. Diketahui thitung = 7,357 sedangkan ttabel dengan df/db 32 dan taraf signifikansi 5% diperoleh angka 2,021. thitung lebih besar (>) dari ttabel, maka Ha dapat diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian terdapat korelasi positif yang signifikan antara pengelolaan kelas dengan efektifitas belajar. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara pengelolaan kelas dengan efektifitas belajar kelas X pada mata pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Ciledug Kabupaten Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2017 08:12
Last Modified: 14 Mar 2017 08:12
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/841

Actions (login required)

View Item View Item