HUBUNGAN KECERDASAN SOSIAL DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP VETERAN CIREBON

YULIAWATI, (2013) HUBUNGAN KECERDASAN SOSIAL DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP VETERAN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
YULIAWATI_59440972_ok-min.pdf

Download (665kB) | Preview

Abstract

YULIAWATI, NIM 59440972 : HUBUNGAN KECERDASAN SOSIAL DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP VETERAN CIREBON. Kecerdasan sosial dan minat adalah dua aspek psikologis yang secara teoritis berhubungan dengan prestasi belajar siswa. Kecerdasan sosial dan minat akan mempengaruhi perilaku siswa dalam belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sehingga setiap yang mempengaruhi perilaku siswa dalam belajar akan juga mempengaruhi prestasi belajar mereka dalam materi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) ini. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan sosial dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat hubungan antara kecerdasan sosial dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian bertolak pada pemikiran Goleman bahwa kecerdasan sosial berhubungan dengan minat belajar siswa. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan dalam penelitian adalah bahwa terdapat hubungan diantara variabel-variabel tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan memakai metoda empirik. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 36 siswa yang berasal dari 107 orang dari siswa SMP Veteran Cirebon. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, angket dan dokumentasi untuk mendukung penelitian. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisa korelasi, uji koefisien determinan dan uji hipotesis. Hipotesis yang penulis ambil adalah terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan sosial dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Adapun hasil yang diperoleh dari perhitungan korelasi product moment adalah 0,902 yang berarti ada hubungan yang positif antara kecerdasan sosial dengan minat belajar siswa. Dari perhitungan nilai penentu (determinan) diperoleh KD = 81,4%, artinya kontribusi kecerdasan sosial menjelaskan keragaman minat belajar siswa sebesar 81,4% dan sisanya 18,6% ditentukan oleh variabel lain. Jika melihat hasil dari uji t, diperoleh nilai lebih besar dari atau 12,201 2,034. Artinya ada hubungan yang signifikan antara Kecerdasan Sosial dengan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Veteran Cirebon pada taraf kesalahan 5%. Kata kunci : Hubungan, kecerdasan sosial, minat belajar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2017 08:23
Last Modified: 14 Mar 2017 08:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/844

Actions (login required)

View Item View Item