KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD) PADA PEMBELAJARAN TEKS FABEL KELAS VII DI SMPIT BAHRUL ULUM KABUPATEN BEKASI

Wartinah Fauzi, (2022) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD) PADA PEMBELAJARAN TEKS FABEL KELAS VII DI SMPIT BAHRUL ULUM KABUPATEN BEKASI. Bachelor thesis, S1 Tadris Bhs. Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan sebuah proses transfer ilmu seorang guru kepada peserta didik, sehingga terbentuk kepercayaan diri peserta didik, sikap, dan penguasaan kemahiran materi pembelajaran. Akan tetapi jika dalam sebuah pembelajaran terdapat ketidakselarasan antara penggunaan metode pembelajaran dengan materi pembahasan, akibatnya tercipta suasana kelas yang tidak efektif. Hal ini mengakibatkan kurangnya fokus siswa selama pembelajaran, siswa tidak dapat menjawab ketika ditanya oleh guru dan siswa ketika diberi tugas oleh guru tidak ada tanggung jawab untuk mengerjakannya, sehingga pembelajaran yang dilaksanakan tidak sesuai dengan indikator pencapaian. Dari permasalahan tersebut, maka penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions pada pembelajaran teks fabel kelas vii di SMPIT Bahrul Ulum Kabupaten Bekasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen kuasi yang menggunakan teknik nonequivalent control group design. Penelitian ini mempunyai dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat, model pembelajaran student teams achievement division sebagai variabel bebas dan pembelajaran teks fabel sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah soal pretest dan posttest dengan instrumen penelitian yang berbentuk lembar soal pilihan ganda. Soal pilihan ganda akan di uji coba melalui uji validitas isi dan validitas konstruk dengan menggunakan rumus person product moment dan uji reliabilitas dengan rumus alfa cronbach. Setelah diketahui validitas dan reliabilitasnya, selanjutnya dilakukan uji prasyarat melalui uji normalitas dan homogenitas, dan tahap akhir adalah dilakukannya uji hipotesis sebagai keputusan efektif atau tidak model pembelajaran tersebut. Dari hasil penelitian dan penghitungan data bahwasannya model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions efektif digunakan pada pembelajaran teks fabel di kelas vii. Dari penelitian ini dapat digaris bahawahi bahwa metode pembelajaran memiliki pengaruh terhadap indikator pembelajaran, sehingga sangat diharapkan pemikiran guru yang kreatif dan inovatif. Tetapi dalam menerapkan model pembelajaran STAD guru harus bisa membimbing dan mengawasi seluruh kelompok secara adil.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan Pembelajaran, Pengukuran Keefektifan Pembelajaran, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Fabel
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 06 Dec 2022 02:35
Last Modified: 06 Dec 2022 02:35
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8441

Actions (login required)

View Item View Item