YAYAH KHOERIYAH, (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PENGGUNAAN BUKU TEKS DENGANBUKU LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA PEMBELAJARAN IPS. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
YAYAH KHOERIYAH_59440930_ok-min.pdf Download (624kB) | Preview |
Abstract
YAYAH KHOERIYAH: “PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PENGGUNAAN BUKU TEKS DENGAN BUKU LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA PEMBELAJARAN IPS” (Study Eksperimen di Kelas VII SMPN 2 Sukahaji Kab.Majalengka) Seiring dengan perkembangan zaman guru acapkali bingun dalam memilih media yang tepat untuk materi yang akan disampaikan kepada siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Untuk menentukan media atau sumber bahan ajar mana yang akan dirujuk, apakah buku teks atau lembar kerja siswa dalam menentukan media pembelajaran, namun berdasarkan berbagai pertimbangan, jadilah ditentukan bahwa digunakan LKS sebagai pegangan peserta didik, dan justru menjadikan buku teks sebagai acuan kedua selama lima tahun terakhir ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang: untuk mengetahui hasil belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan media bahan ajar buku teks, untuk mengetahui hasil belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan media bahan ajar LKS, dan untuk mengetahui seberapa besar perbandingan hasil belajar siswa antara penggunaan buku teks dengan penggunaan LKS pada pembelajaran IPS. Penelitian ini bertolak dari kerangka pemikiran bahwa media bahan ajar itu tidak hanya LKS saja banyak yang lain contohnya buku teks meskipun buku teks pendidikan telah banyak tersedia di sekolah, siswa senantiasa belajar dengan menggunakan lembar kerja siswa (LKS) sebagai rujukan utama. LKS sendiri memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih banyak menggali kemampuan mereka dengan banyak jalan melakukan latihan dan mengerjakan soal yang ada didalamnya. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Sukahaji yang terdiri dari lima kelas dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Analisis yang digunakan adalah uji coba soal untuk mengetahui validitas, realibilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran, dan uji tes. Hasil yang diperoleh dari perhitungan yang menggunakan media buku teks menunjukan bahwa skor rata-rata hasil test terhadap 27 siswa diperoleh hasil yang berada mean 7,33 pada rentang (6,50 - 8,00) termasuk kategori baik. Sedangkan yang menggunakan media buku LKS menunjukan bahwa skor ratarata hasil test terhadap 27 siswa diperoleh hasil yang berada pada mean 5,41 pada rentang (4,00 – 6,50) termasuk kategori cukup baik. Jadi perbandingan antara hasil belaja siswa yang menggunakan buku teks dengan buku LKS adalah t = 2,11 maka dengan level α lebih besar dari pada p-value (0,05 < 0,000) mengindikasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 14 Mar 2017 08:28 |
Last Modified: | 14 Mar 2017 08:28 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/846 |
Actions (login required)
View Item |