Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Teks Deskripsi Karangan Siswa Kelas VII MTs Madinatunnajah Kecamatan Harjamukti Kabupaten Cirebon

Siti Aisah Aljahra, (2022) Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Teks Deskripsi Karangan Siswa Kelas VII MTs Madinatunnajah Kecamatan Harjamukti Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1 Tadris Bhs. Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (271kB) | Preview

Abstract

Bahasa adalah susunan lambang bunyi yang digunakan anggota kelompok untuk berkomunikasi yang bersifat arbiter, karena bahasa merupakan suatu susunan atau subsistem maka bahasa juga bersifat sistematik, subsitem misalnya subsitem fonologi, subsistem morfologi, subsitem leksikon, subsistem semantik, dan subsistem sintaksis. Bahasa adalah alat yang teratur untuk menyampaikan suatu perasaan atau gagasan dengan menggunakan lambang-lambang yang sudah di sepakati, dan mempunyai arti yang bisa dipahami. Bahasa seseorang menggambarkan pikirannya “semakin terampil seseorang berbahasa, semakin jelas jalannya. Keterampilan hanya dikuasi dengan banyak latihan dan melakukan praktik. Penelitian ini menjelasakan tentang kesalahan berbahasa yang dilakukan oleh siswa kelas VII MTs Madinatunajah Cirebon. Kesalahan yang terjadi pada ejaan meliputi, penulisan huruf, dan penggunaan tanda baca. Kesalahan berbahasa pada bidang morfologi tidak hanya pada tuturan saja melainkan pada bahasa tulis, kesalahan berbahasa terjadi penyimpangan kebahasaan dan tidak menguasai tentang kaidah tulis maupun lisan yang dipergunakan. Analisis kesalahan berbahasa dapat diimplikasikan dalam pembelajaran teks deskripsi kelas VII pada KD 4.2. Penelitian ini meneliti tentang kesalahan berbahasa bidang ejaan, morfologi, dan sintaksis, materi teks deskripsi pada pelajaran bahasa Indonesia kelas VII. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja bentuk kesalahan berbahasa dan faktor penyebab terjadinya kesalahan berbahasa pada teks deskripsi karangan siswa kelas VII MTs Madinatunnajah. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif, metode penelitian yang digunakan adalah metode agih. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat 163 siswa yang melakukan kesalahan berbahasa pada karangan deskripsi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Bahasa, Teks Deskripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Dec 2022 02:45
Last Modified: 07 Dec 2022 02:45
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8499

Actions (login required)

View Item View Item