PENERAPAN PEMBELAJARAN BIOENTREPRENEURSHIP PADA MATERI FUNGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KASOKANDEL

Dinah Fauziyyah, (2022) PENERAPAN PEMBELAJARAN BIOENTREPRENEURSHIP PADA MATERI FUNGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KASOKANDEL. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran biologi tidak lagi berorientasi pada banyaknya materi pelajaran tetapi lebih fokus pada kecakapan yang ditampilkan oleh siswa (life skill oriented) berdasarkan pengalaman langsung siswa, salah satunya yaitu pembelajaran Bioentrepreneurship. Bioentrepreneurship merupakan kajian keilmuan yang menghubungkan dan mengkolaborasikan pembelajaran biologi dengan kewirausahaan, yang menghasilkan sebuah produk dari bahan hayati. Salah satunya yaitu spesies Pleurotus ostreatus yang dapat diolah menjadi berbagai produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji aktivitas siswa, peningkatan hasil belajar, respon siswa terhadap penerapan pembelajaran Bioentrepreneurship. Tempat penelitian di SMA Negeri 1 Kasokandel, waktu penelitian dimulai bulan Februari�Mei. Sampel terdiri dari 36 siswa kelas eksperimen dan 36 siswa kelas kontrol. Penelitian yang dilakukan melalui pendekatan kuantitaif, dengan metode quasi eksperimen. Design penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi, non test, test soal serta angket respon. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan pada pertemuan kedua dengan persentase 88, 89% dan siswa mampu berkreasi dalam mengolah serta menghasilkan produk fungi. Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol, berdasarkan hasil uji statistik menghasilkan sig 0,000 < 0, 05, artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Respon siswa terhadap penerapan pembelajaran Bioentrepreneurship termasuk kriteria sangat kuat yaitu 86%. Dengan demikian penerapan pembelajaran Bioentrepreneurship dapat diterapkan menjadi metode pembelajaran Biologi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Learning Bioentrepreneurship, Fungi, Learning Outcomes
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pembelajaran berbasis Enterpreneurship
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Dec 2022 05:27
Last Modified: 07 Dec 2022 05:27
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8520

Actions (login required)

View Item View Item