PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DAN APLIKASI WHATSAPP PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI MA YATAMU PASAWAHAN KEC. SUSUKAN LEBAK KAB. CIREBON

Khiyarotunnisa, (2021) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DAN APLIKASI WHATSAPP PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI MA YATAMU PASAWAHAN KEC. SUSUKAN LEBAK KAB. CIREBON. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (366kB) | Preview

Abstract

Pada masa pendemi semua kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring. Hal itu mengakibatkan guru maupun siswa harus bisa menguasai dan mengoprasikan teknologi informasi serta mengaplikasikannya dalam kegiatan pembelajaran agar menghasilkan hasil belajar yang meningkat. Akan tetapi terdapat permasalahan yang mengakibatkan hasil belajar siswa rendah, tidak melebihi KKM yaitu 70 yang ditentukan oleh sekolah. Oleh karena itu diperlukannya media atau metode baru yang dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas guru maupun siswa secara dua arah. Berdasarkan permasalahan di atas salah satu alternatifnya yaitu sekolah MA Yatamu menggunakan media pembelajaran berupa aplikasi google classroom dan aplikasi whatsapp. Tujuan penelitian ini yaitu:1) Bagaimana penggunaan aplikasi google classroom dan whatsapp dalam pembelajaran sosiologi 2) Bagaimana hasil belajar siswa dengan penggunaan google classroom dan whatsapp dalam pembelajaran sosiologi. 3) seberapa besar perbandingan hasil belajar siswa antara yang menggunakan aplikasi google classroom dan apliaksi whatsapp dalam pembelajaran sosiologi di MA Yatamu Pasawahan Kec. Susukan Lebak Kab. Cirebon. Pembelajaran berbasis aplikasi google classroom dan aplikasi whatsapp adalah pembelajaran menggunakan jaringan internet dengan harapan siswa dapat memahami konsep secara mandiri dan guru hanya menjadi fasilitatornya saja. Sehingga hasil belajar siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI MA Yatamu Pasawahan dan sampelnya adalah siswa kelas XI A dan XI B yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data meliputi tes dan angket. Analisis data yang digunakan yaitu uji prosentase, uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dua rata-rata, uji N�Gain, uji paired sampel t-test, uji independent sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pretest kelas google classroom sebesar 56,67 dan nilai rata-rata pretest kelas whatsapp sebesar 74,67. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas google classroom sebesar 80,00 dan nilai rata-rata posttest kelas whatsapp sebesar 86,33. Nilai t hitung sebesar -2,258 artinya nilai rata-rata kelas google classroom lebih rendah daripada nilai rata-rata kelas whatsapp. Sedangkan nilai selisih antara kelas google classroom dan kelas whatsapp sebesar 6,333. Dengan nilai sig (2-tailed) 0,028 lebih kecil dari 0,05, ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil belajar yang diajar dengan menggunakan aplikasi google classroom dan aplikasi whatsapp pada mata pelajaran sosiologi di MA Yatamu Pasawahan Kec. Susukan Lebak Kab. Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Google Classroom, Whatsapp, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 Dec 2022 02:43
Last Modified: 09 Dec 2022 05:35
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8585

Actions (login required)

View Item View Item