Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Al-Fatih Desa Kalibuntu Kecamatan Losari Kabupaten Brebes

Lulu Lutfriatil Fazriyah, (2022) Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Al-Fatih Desa Kalibuntu Kecamatan Losari Kabupaten Brebes. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (116kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Jarak Jauh yang terpaksa dilaksanakan dikarenakan adanya pandemi covid-19, guru diminta menyiapkan semua bentuk metode pembelajaran yang baru dan paling efisien serta bisa diterapkan selama proses pembelajaran jauh jauh berlangsung. Di SMP Al-Fatih pihak sekolah dan guru sudah mengimplementasikan pembelajaran jarak jauh dengan metode siswa yang berangkat ke sekolah hanya dengan guru memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan di rumah dalam waktu satu hari dan menjelaskan materinya hanya melalui aplikasi WhatsApp. Namun proses pembelajaran jarak jauh belum efektif dan mencapai hasil yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran jarak jauh dan respon guru serta mendeskripsikan dan menjabarkan bagimana efektivitas pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19 di SMP Al-Fatih Desa Kalibuntu Kecamatan Losari Kabupaten Brebes. Pembelajaran jarak jauh merupakan pembelajaran dengan menggunakan suatu media yang memungkinkan terjadi interaksi antara pengajar dan peserta didik. Interaksi yang dimaksud pengajar dan peserta didik tidak bertatap muka secara langsung dan tidak berkumpul bersama di satu tempat secara setiap hari untuk menerima pelajaran atau proses pembelajarannya di berbeda tempat bahkan bisa dipisahkan oleh jarak yang sangat jauh. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripsit analisis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun jumlah informan yang peneliti ambil dalam penelitian ini sebanyak 6 informan diantaranya 2 guru matematika, 2 guru ips dan 2 guru bahasa. Teknik analisis data melalui reduksi data, triangulasi data, display data dan verifikasi data. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) penerapan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan metode pembelajaran melalui foto dan video yang medianya hanya menggunakan aplikasi whatsaapp, (2) respon guru terhadap pembelajaran jarak jauh yaitu semua guru sudah melaksanakan pembelajaran jarak jauh sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan (3) efektivitas pembelajaran jarak jauh yang diterapkan yaitu dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh kurang efektif karena masih terdapat kendala yang dialami dalam proses pembelajaran jarak jarak jauh yang disebabkan karena fasilitas pembelajaran siswa dan jaringan internet yang kurang stabil sehingga mengakibatkan proses pembelajaran yang kurang maksimal dan nilai atau hasil belajar siswa masih kurang dari standar penilaian.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Jarak Jauh, Efektivitas
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 19 Dec 2022 02:50
Last Modified: 19 Dec 2022 02:50
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8660

Actions (login required)

View Item View Item