Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sosiologi di MA Salafiyah Kota Cirebon

Rina Agustiana, (2022) Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sosiologi di MA Salafiyah Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (976kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan latar belakang masalah bahwa di MA Salafiyah Kota Cirebon ini siswa nya mayoritas dari kalangan santri, di MA Salafiyah sendiri sudah menerapkan kecerdasan spiritual setiap paginya dengan melaksanakan sholat duha dan membaca asmaul husna sebelum pelajaran di mulai. Tidak dipungkiri masih ada beberapa siswa yang jarang melaksanakan hal tersebut dikarenakan ada beberapa faktor penyebab, seperti kurangnya dorongan dan keinginan untuk belajar, dikarenakan kurang motivasi pada dalam dirinya sehingga selalu telat untuk masuk sekolah sehingga jarang mengikuti kegiatan rutin setiap pagi. Motivasi yang kurang bisa mempengaruhi hasil belajar siswa yang kurang maksimal, maka dari itu siswa belum menyadari bahwa belajar adalah suatu hal yang wajib sebagai bentuk ibadah kepada Allah, akan tetapi siswa masih menganggap bahwa belajar merupakan sebagian tuntutan. Tujuan melakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1). bagaimana kecerdasan spiritual siswa 2) bagaimana motivasi belajar siswa 3) bagaimana hasil belajar siswa 4) seberapa besar pengaruh kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar siswa 5) seberapa besar motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa 6) seberapa besar pengaruh kecerdasan spiritual dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran sosiologi di MA Salafiyah Kota Cirebon Pentingnya mengembangkan dan mengoptimalkan kecerdasan spiritual dan motivasi belajar yang berpengaruh terhadap pencapaian siswa, hal tersebut harus dilakukan dengan cara melakukan kebiasaan-kebiasaan yang positif setiap harinya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sampel yang digunakan berjumlah 28 siswa kelas XI. Teknik pengumpulan data menggunakan, observasi, angket dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah uji prosentase, uji homogenitas, uji normalis, uji linieritas, uji multikolinearitas, uji determinasi, uji koefisien korelasi, uji regresi linier berganda, uji hipotesis. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa skala prosentase angket kecerdasan spiritual sebesar 71,70% dan motivasi belajar sebesar 65,74% nilai ini berada di antara (55%-74%) pada kategori baik. Nilai kecerdasan spiritual dan motivasi belajar t hitung (2,508 dan 2,645) lebih besar dari t tabel 2,060 pada taraf signifikan (0,019 dan 0,014) lebih kecil dari pada 0,05. Ho ditolak Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh kecerdasan spiritual dan motivasi belajar secara sendiri-sendiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di MA Salafiyah Kota Cirebon. Nilai F hitung sebesar 13,485 > F tabel sebesar 3,385 maka kecerdasan spiritual dan motivasi belajar berpengaruh secara bersama-sama terhadap hasil belajar pada mata pelajaran sosiologi di MA Salafiyah Kota Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Spiritual, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 19 Dec 2022 04:07
Last Modified: 19 Dec 2022 04:07
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8670

Actions (login required)

View Item View Item