Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model learning cycle 7E dan Model Konvensional pada Mata pelajaran IPS di MTs An- Nur Kota Cirebon

Desi Citra Damayanti, (2022) Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model learning cycle 7E dan Model Konvensional pada Mata pelajaran IPS di MTs An- Nur Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1. CAVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

Peneltian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa, suasana kelas yang cenderung pasif, kurang minatnya siswa dalam mempelajari IPS. Hal ini disebabkan oleh model pembelajaran yang kurang tepat yang diterapkan dalam proses pembelajaran IPS. Guru hanya menerapkan model pembelajaran konvensional yaitu ceramah hal ini dinilai kurang maksimal dan belum mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu adanya pemecahan masalah dengan menerapakan model pembelajaran yang tepat yang mampu membuat siswa aktif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang mampu membuat siswa aktif adalah model learning cycle 7E. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model learning cycle 7E dan model konvensional pada mata pelajaran IPS di kelas VII MTs An- Nur Kota Cirebon, serta untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan model learning cycle 7E dan model konvensional di kelas VII MTs An-Nur Kota Cirebon. Dalam kerangka pemikiran yang menunjukkan bahwa terdapat dua kelas yang dipakai, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, masing-masing kelas diberikan perlakuan yang berbeda. Kelas eksperimen menggunakan model learning cycle 7E dan kelas kontrol menggunakan model konvensional dengan metode ceramah. Setelah mendapatkan perlakuan peserta didik diberikan test (post test) berupa pilihan ganda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental Design Nonequivelent, yang membentuk kelas eksperimen dan kontrol. Populasi penelitian merupakan seluruh siswa kelas VII MTs An-Nur Kota Cirebon yang berjumlah 121 siswa kemudian dipilih melalui teknik clauster random sampling. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes, dokumentasi dan wawancara. teknis analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model learning cycle 7E dan model konvensional, pada mata pelajaran IPS di MTs An-Nur Kota Cirebon. Dibuktikan dengan hasil uji post test, rata rata hasil belajar dengan menggunakan model learning cycle 7E sebesar 83,18 dan model konvensional sebesar 70,43. Hasil uji hipotesis data menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh thitung 4,514 dengan didapatkan ttabel sebesar 2,018 sehigga thitung> ttabel (4,514 > 2,018) dan signifikansi (0,000< 0,05) dengan ini Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model learning cycle 7E dan model konvensional pada mata pelajaran IPS di MTs An- Nur Kota Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Model Learning Cycle 7E, Konvensional, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 19 Dec 2022 07:09
Last Modified: 19 Dec 2022 07:09
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8694

Actions (login required)

View Item View Item