Efektivitas Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Pembelajaran Sistem Indra Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa

Nidi Fuji Oktoviani, (2022) Efektivitas Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Pembelajaran Sistem Indra Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (200kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran biologi di sekolah masih banyak yang menerapkan motede ceramah, sehingga banyak peserta didik cenderung kurang antusias dalam memperhatikan dan aktif merespon yang disampaikan oleh guru. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada materi biologi sistem indra, menganalisis terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa pada materi biologi sistem indra, mendeskripsikan respon siswa saat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada materi biologi sistem indra. Metode penelitian menggunakan Pretest-Posttest Countrol Group Design. Lokasi penelitian di SMAN 1 Palimanan. Teknik pengambilan sampel berupa random sampling dengan sampel sebanyak 2 kelas masing-masing 36 siswa. Adapun kelas yang eksperimen yaitu kelas XI MIPA 6, kelas XI MIPA 3 sebagai kontrol. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi, tes dan angket. Sedangkan teknik pengolahan data berupa uji nomalitas, uji homogenitas dan uji mann whithney. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata aktivitas belajar siswa yang diterapkan model kooperatif tipe Snowball Throwing terdapat pengaruh dengan rata-rata nilai aktivitas belajar siswa terkategori sangat baik. Efektifitas model kooperatif tipe Snowball Throwing kepada kelas eksperimen secara signifikan mampu mempengaruhi hasil belajar siswa disbanding kelas kontrol. Respon siswa yang telah di-treatment terhadap model kooperatif tipe Snowball Throwing menunjukkan persentase keseluruhan jawaban bermakna positif. Responden yang mengisi angket hasilnya lebih banyak yang mencetak poin dan bermakna positif. Artinya responden tidak kesulitan dan tertarik belajar materi sistem indra menggunakan model Snowball Throwing.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing, Hasil Belajar, Sistem Indra
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 19 Dec 2022 08:04
Last Modified: 19 Dec 2022 08:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8707

Actions (login required)

View Item View Item