JUMROTUL MUSTAFIDAH, (2013) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS POTENSI DIRI DI MTs MADINATUNNAJAH KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
JUMROTUL MUSTAFIDAH_59440954_ok-min.pdf Download (562kB) | Preview |
Abstract
Jumrotul Mustafidah: Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri di MTs Madinatunnajah Kota Cirebon MTs Madinatunnajah kota cirebon merupakan salah satu dari beberapa sekolah yang sudah mulai menerapkan pendidikan karakter berbasis potensi diri di sekolahnya. Namun pada kenyataannya masih belum berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Oleh karena pendidikan berkarakter sangatlah penting untuk diterapkan di era Globalisasi saat ini, dan dikarenakan masalah yang peneliti temukan dilapangan berupa kurangnya penerapan pendidikan karakter seperti anak masih kurang kritis ketika belajar, kurang disiplin ketika belajar mengajar berlangsung yakni telat masuk kelas, tidak memperhatikan guru, telat mengumpulkan tugas dan masih banyak lagi karakter-karakter yang menurut peneliti kurang baik, maka peneliti pikir perlu diadakannya suatu penelitian tentang hal itu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter berbasis potensi diri di MTs Madinatunnajah kota Cirebon, untuk mengetahui respon siswa terhadap implementasi pendidikan karakter berbasis potensi diri di sekolah tersebut, serta untuk mengetahui kendala apa saja yang ada dalam implementasi pendidikan karakter berbasis potensi diri yang ada di MTs Madinatunnajah Kota Cirebon. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan mendeskripsikan data empirik dan data teoritik. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII, VIII dan IX MTs Madinatunnajah Kota Cirebon dengan jumlah 56 orang siswa. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan tekhnik wawancara, observasi, studi kepustakaan, angket dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil wawancara dengan kepala sekolah, “ Pendidikan karakter sudah cukup lama diimplementasikan di MTs Madinatunnajah kota cirebon ini, hal ini bisa dilihat dari bentuk Silabus dan RPP semua mata pelajaran umum yang ada di MTs Madinatunnajah yang sudah berkarakter, serta kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler yang wajib diikuti oleh seluruh siswa MTs Madinatunnajah, namun dalam aplikasi kehidupan sehari-hari anak-anak masih kurang berkarakter, tetapi meskipun demikian dengan adanya perangkat pembelajaran yang berbasis karakter mempermudah guru dalam menyampaikan materi dan membuat anak sedikit demi sedikit lebih berkarakter baik dan bisa lebih meningkatkan prestasi belajar anak“. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi pendidikan karakter berbasis potensi diri di MTs Madinatunnajah kota Cirebon sudah cukup baik hal itu terbukti dari data yang diperoleh berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan angket yang dibagikan kepada seluruh siswa bahwa
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 15 Mar 2017 02:59 |
Last Modified: | 23 Aug 2021 15:20 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/871 |
Actions (login required)
View Item |