Wahid Abdurrokhman, (2022) KOMPETENSI GURU DAN IMPLEMENTASINYA DALAM RENCANA DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH TUNAS PERTIWI KECAMATAN CIWARINGIN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
A. COVER- DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (904kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 SKRIPSI FIX.pdf Download (522kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V SKRIPSI FIX.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) | Preview |
Abstract
Pendidik pada dasarnya memegang penuh karakteristik setiap peserta didik yang memiliki perbedaan masing-masing, baik dalam hal intelektual, kebiasaan, latar belakang peserta didik itu sendiri bahkan kemampuan fisik siswa-siswi itu sendiri. Dengan sejumlah karakteristik siswa-siswi yang beraneka ragam. Hal ini meliputi prinsip-prinsip Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang terkadang tidak sesuai dengan materi yang ada dalam kompetensi dasar dari materi sosiologi dan mempunyai peluang tidak terimplementasikan RPP yang telah disusun. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data : (1) kompetensi guru dalam pembelajaran sosiologi di Madrasah Aliyah Tunas Pertiwi Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon; (2) pedoman perumusan dan pembuatan RPP mata pelajaran sosiologi kelas X dan XI di Madrasah Aliyah Tunas Pertiwi Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon; (3) pencapaian implementasi guru dalam rencana pelaksanaan pembelajaran sosiologi Madrasah Aliyah Tunas Pertiwi Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon. Pada prinsipnya, kerangka dasar pemikiran pada penelitian ini menganalisa kompetensi-kompetensi guru pada pada saat proses pembelajaran dan rancangan rencana pelaksanaan pembelajaran kemudian akan dianalisa disaat implementasi rencana pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Sosiologi kelas X dan kelas XI di Madrasah Aliyah Tunas Pertiwi Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan jenis studi kasus dengan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru Sosiologi kelas X dan kelas XI beserta siswa-siswi IIS (IPS) kelas X dan kelas XI. Teknik pengumpulan data dan instrumen dalam penelitian ini dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian menggunakan analisis data yaitu pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/verification). Hasil penelitian ini menjelaskan kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial guru sosiologi yang merumuskan rencana pelaksanaan pembelajaran sosiologi untuk diimplementasikan. Pada realitasnya guru sosiologi kelas X dan kelas XI belum mampu mengoptimalkan kompetensi profesional dalam proses pembelajaran dengan indikasi kurangnya aktualisasi konsep dan metode keilmuan (pembelajaran) sosiologi. Dalam rumusan RPP sudah memenuhi kompetensi inti, kompetensi dasar yang telah teregulasi beserta komponen-komponen RPP dan penilaian telah terpenuhi, namun pada keyataan di kelas guru sosiologi tidak menyesuaikan dengan RPP yang telah disusun akan tetapi lebih mengutamakan kondusifitas peserta didik dalam kelas untuk menerima materi sosiologi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Guru, RPP, Sosiologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 19 Dec 2022 08:28 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 08:28 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8714 |
Actions (login required)
View Item |