ISTIBRO, (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTs ALWAHDAH SUMBER KABUPATEN CIREBON ( PENELITIAN TINDAKAN KELAS ). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
ISTIBRO_59440906_ok.pdf Download (490kB) | Preview |
Abstract
ISTIBRO : “ Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di MTs Al Wahdah Sumber Kabupaten Cirebon. “ Dalam proses pembelajaran, siswa kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berfikir, siswa dipaksa untuk mengingat dan menumpuk berbagai informasi tanpa dituntut untuk dapat mengemukakan pendapatnya, hal ini menjadi siswa kaya secara toeri tetapi sangat miskin dal am aplikasi. Banyak guru yang menggunakan metode ceramah dan Tanya jawab akibatnya siswa cenderung pasif, bosan, dan monoton sehingga kurang mengasah cara berfikir kritis, dalam KBM guru banyak menggunakan sistem diktat ( catat mencatat ), siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru tanpa melibatkan siswa sehingga prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu masih relatif rendah dan kurangnya minat dalam belajar siswa. Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan data penerapan model pembelajaran picture and picture, dan mendeskripsikan data prestasi belajar siswa dalam upaya peningkatan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII di MTs Al Wahdah Sumber Kabupaten Cirebon. Penelitian ini berdasarkan atas pemikiran bahwa untuk pencapaian sebuah prestasi yang maksimal salah satunya diperlukan sebuah model pembelajaran yang baik dan juga disenangi oleh siswa, sehingga mereka merasa tertarik, senang, semangat dalam belajar dan pada akhirnya akan mencapai nilai yang kita harapkan. Model pembelajaran picture and picture adalah sebuah model belajar yang menggunakan gambar dan dipasangkan atau diurutkan menjadi logis. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan empirik melalui implementasi penelitian tindakan kelas (PTK), sedangkan dalam penelitian ini mengunakan tehnik penggumpulan data melalui observasi, wawancara, tes dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran IPS terpadu tentang angkatan kerja dan ketenagakerjaan dapat meningkat keaktifan siswa dari siklus I poin awal 2,6 meningkat menjadi 3,2 pada siklus II, kemudian pada siklus III menjadi 4,0 naik sebesar 1,3 dan dapat meningkat prestasi belajar siswa dari nilai rata-rata 67,12 dan ketuntasan klasikal 57,5% pada siklus I, pada siklus II nilai rata-rata 71,62 dan ketuntasan klasikal 67,5% dan pada siklus III menjadi meningkat dengan nilai rata-rata 76,50 dengan ketuntasan klasikal sebesar 80%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa, sehingga model pembelajaran ini dapat dijadikan alternatif pilihan pada pembelajaran IPS dan dikategorikan baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 15 Mar 2017 03:03 |
Last Modified: | 15 Mar 2017 03:03 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/873 |
Actions (login required)
View Item |