Manajemen Kurikulum Pondok Pesantren Al-Madani Cikalong Kabupaten Majalengka

Didi Permadi, (2021) Manajemen Kurikulum Pondok Pesantren Al-Madani Cikalong Kabupaten Majalengka. Bachelor thesis, S1 Manajemen Pendidikan Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
A. COVER DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidikan tradisional, khususnya di bidang keagamaan yang mana unsur utamanya adalah perseorangan seperti kyai dan ustadz yang di dalamnya terdapat karakter tersendiri dan merupakan fenomena khas Indonesia yang sudah terbukti eksistensi dan perannya di masyarakat sejak jaman penjajahan sampai sekarang. Sebelum berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), keberadaan pesantren sudah lebih dulu ada karena pesantren didirikan oleh para ulama dan kyai atas dasar keikhlasan dan kemandirian yang ikut serta dalam memperjuangkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pendidikan di pesantren bertujuan untuk mencetak generasi bangsa agar berkepribadian muslim sesuai dengan ajaran�ajaran agama Islam dan mengaplikasikannya pada aspek kehidupan serta menjadikan manusia yang berguna untuk agama, bangsa dan negara. Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu: (1) Sarana prasarana pembelajaran belum sesuai standar, (2) Padatnya pembelajaran yang ada di Kurikulum Pesantren Modern Darussalam Gontor, (3) Banyaknya mata pelajaran yang diterima oleh santri. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen kurikulum pondok Pesantren Al-Madani Cikalong Kabupaten Majalengka. Adapun teori dalam penelitian ini dikutip dari beberapa sumber, salah satunya buku yang ditulis oleh Rusman (2009). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Peneliti melakukan analisis data menggunakan beberapa tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data dan selanjutnya penarikan kesimpulan/verifikasi. Adapun hasil penelitian ini yaitu: (1) Perencanaan, yaitu menyiapkan tujuan, kalender program satu tahun mendatang, dan proses pembelajaran, (2) Pelaksanaan, meliputi kegiatan intra dan ekstra santri yang sangat bergantung pada pimpinan dan ustadz/ustadzah, (3) Evaluasi, yang dilaksanakan seminggu sekali dan objek dari evaluasi tersebut adalah santri dan para pengajar, (4) Faktor Pendukung dan Penghambat, yang mana terdapat pada setiap elemen.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Pondok Pesantren, Santri, Pimpinan Pondok/Assatidz.
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 20 Dec 2022 03:15
Last Modified: 20 Dec 2022 03:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8752

Actions (login required)

View Item View Item