Hasbiallah Mufid, (2022) Implementasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Karakter di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama (MTs NU) Putra 2 Buntet Pesantren Cirebon. Bachelor thesis, S1 Manajemen Pendidikan Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
1 COVER.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
2 BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
6 BAB V.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan Pendidikan pada umumnya selalu dihadapan pada permasalahan Kurikulum, dan kualitas pendidikan. Sehingga untuk mendapatkan tujuan kurikulum yang sesuai dengan Pendidikan Karakter. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan; (1) Bagaimana Perencanaan Manajemen Kurikulum di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama (MTs NU) Putra 2 Buntet Pesantren Cirebon? (2) Bagaimana Pelaksanaan Manajemen Kurikulum di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama (MTs NU) Putra 2 Buntet Pesantren Cirebon? (3) Bagaimana Evaluasi Manajemen Kurikulum di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama (MTs NU) Putra 2 Buntet Pesantren Cirebon? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif lapangan. Datanya diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kajian ini mempunyai empat tahapan yang pertama tahap perencanaan dalam perencanaan bahwa Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama (MTs NU) Putra 2 Buntet Pesantren Cirebon sudah melakukan perencanaan kurikulum dengan matang, mulai dari menentukan visi misi dan tujuan sekolah untuk dapat menentukan tujuan kurikulum. Kedua tahap pelaksanaan meliputi 3 tahapan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan isi dan kegiatan penutup. Sebelum masuk ke tahap pendahuluan pelaksanaan pembelajaran, peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama (MTs NU) Putra 2 Buntet Pesantren Cirebon telah menetapkan pilar keunggulan sebagai landasan berpikir dalam proses pembelajaran yang menitikberatkan pada basic secience, bahasa, dan akhlakul karimah. Kemudian masuk Kegiatan inti. Terakhir adalah kegiatan penutup yang meliputi penguatan dan timbal balik dari kegiatan pendahuluan dan kegiatan inti. Ketiga tahap Evaluasi meliputi ranah kognitif, ranah psikomotorik dan ranah afektif. adapun Pihak�pihak yang bertanggung jawab dalam evaluasi kurikulum di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama (MTs NU) Putra 2 Buntet Pesantren Cirebon ada dua pihak yaitu pihak intern dan pihak ekstern. Kesimpulan diatas bahwa Manajemen Kurikulum di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama (MTs NU) Putra 2 Buntet Pesantren Cirebon dari perencanaan pengorganisasian pelaksanaan dan evaluasi sudah dilaksanakan dengan baik dan bisa diterima oleh semua Civitas Akademik di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama (MTs NU) Putra 2 Buntet Pesantren Cirebon termasuk peserta didik dan orang tua siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kurikulum dan Pendidikan Karakter |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 04:37 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 04:37 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8778 |
Actions (login required)
View Item |