DARYONO, (2013) PEMBELAJARAN IPS DI MADRASAH IBTIDAIYAH DALAM KONTEKS KURIKULUM 2013. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
DARYONO_OK.pdf Download (884kB) | Preview |
Abstract
DARYONO: Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Diskusi Pada Pembelajaran IPA Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) PUI Wideng Desa Bondan Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu Metode diskusi dalam belajar adalah suatu cara penyajian/ penyampaian bahan pelajaran dimana guru memberikan kesempatan kepada para siswa/ kelompok-kelompok siswa yang mengadakan pembicaraan ilmiah guna mengumpulkan pendapat, membuat kesimpulan atau menyusun berbagai alternatif pemecahan atas suatu masalah. Berdasarkan pengamatan dan pengalaman peneliti menjadi guru di MI PUI Wideng Desa Bondan Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu keadaan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA di kelas V tidak mengalami peningkatan. Sebagian besar hasil belajar mereka masih berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berangkat dari permasalahan di atas, maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian tindakan kelas tersebut. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan terhadap hasil belajar siswa kelas V MI PUI Wideng Desa Bondan Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu keadaan khususnya pada mata pelajaran IPA dengan sub bahasan tentang adaptasi tumbuhan dengan lingkungan. Pada proses pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi merupakan salah satu alternatif yang sesuai dengan materi pelajaran IPA di kelas V dengan sub bahasan tentang adaptasi tumbuhan dengan lingkungan yang dilaksanakan dalam bentuk diskusi kelompok dan kegiatan observasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang termasuk penelitian kualitatif karena dilakukan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Penelitian ini dilaksanakan di MI PUI Wideng Desa Bondan Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu. Subjek penelitian adalah pihak yang terlibat dalam penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 30 anak. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, metode angket, metode observasi dan metode tes. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI PUI Wideng Desa Bondan Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai pada siklus I untuk kelompok yang terdiri dari 6 kelomopok, yang masuk dalam perbaikan ada 4 kelompok kemudian pada siklus II nilai kelompok meningkat dengan jumlah perbaikan ada 1 kelompok dan pengayaan ada 5 kelompok. Sedangkan untuk nilai individu siklus I adalah yang masuk perbaiakan ada 20 siswa dan pengayaan ada 10 siswa. Kemudian pada siklus II meningkat, untuk perbaikan ada 4 siswa dan yang masuk pengayaan ada 26 siswa. Sedangkan nilai rata-rata pra siklus sebesar 64,17 siklus I sebesar 72,67 dan siklus II sebesar 82,00.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 15 Mar 2017 03:44 |
Last Modified: | 23 Aug 2021 15:10 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/891 |
Actions (login required)
View Item |