BAYU FIRMAN NUGRAHA, (2013) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING DENGAN KONSEP CBI (COMPUTER BASED INSTRUCTION) PADA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA N 1 MAJA KABUPATEN MAJALENGKA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
BAYU FIRMAN NUGRAHA_58440895_pengesahan tidak ada.pdf Download (930kB) | Preview |
Abstract
BAYU FIRMAN NUGRAHA :”Upaya peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran E-Learning Dengan Konsep CBI (Computer Based Instuction) Pada Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA N 1 Maja Kabupaten Majalengka”. Hasil belajar merupakan hasil akhir setelah mengalami proses belajar, dan untuk melihat keberhasilan suatu proses belajar yang telah dilakukan. Karena hasil belajar tersebut gamabaran dari semua dalam proses belajar maka agar yang didapat dapat mencapai maksimal maka harus ditunjang dengan model pembelajaran yang tepat dan menarik. Proses pembelajaran Ekonomi masih cenderung minim dalam mengaplikasikan model pembelajaran dikarenakan kurangnya memaksimalkan fasilitas media pembelajaran yang disediakan sekolah sehingga masih menggunakan metode ceramah dan resitasi yang mengakibatkan minat dan motivasi dalam pembelajaran cenderung minim, siswa terasa lamban untuk menangkap pembelajaran dan merasa ngantuk, jenuh dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Ekonomi, sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa masih banyak yang di bawah nilai KKM yaitu 70. Maka penulis terdorong untuk melakukan penelitian sebagai upaya peningkatan hasil belajar siswa dengan melalui penggunaan Model E-Learning dalam proses pembelajaran Ekonomi. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan model E-Learning pada mata pelajaran Ekonomi Kelas X Di SMA N 1 Maja Kabupaten Majalengka. Model pembelajaran E-learning dengan konsep CBI (Computer Based Intruction) merupakan model pembelajaran yang memanfaatkan media elektonik sehingga siswa ditekankan supaya aktif dalam melaksanakan pembelajaran dan kreatif dalam mencari bahan pengajaran agar dapat memecahkan masalah dengan cepat dan pasti karena guru hanya sebagai pendamping saja. Sehingga di harapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang dilaksanakan dengan empat tahapan yaitu; Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi, Refleksi. Teknik pengumpulan data mennggunakan observasi, wawancara, tes, dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 15 Mar 2017 03:46 |
Last Modified: | 23 Aug 2021 15:08 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/892 |
Actions (login required)
View Item |