DESAIN DIDAKTIS UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK TENTANG KONSEP GEOMETRI PADA BANGUN RUANG SISI DATAR

Imel Nurfitria, (2022) DESAIN DIDAKTIS UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK TENTANG KONSEP GEOMETRI PADA BANGUN RUANG SISI DATAR. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (830kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (54kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis khususnya pada kosep bangun ruang sisi datar. Salah satu cara untuk mengembangkan pembelajaran supaya kemampuan komunikasi matematisnya meningkat dengan baik dan mendapatkan respon yang tepat yaitu dengan cara membuat desain didaktis yang merupakan rancangan pembelajaran berupa situasi pembelajaran yang di analisis berdasarkan learning obstacle. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain didaktis untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik tentang konsep geometri pada bangun ruang sisi datar. Penelitian ini difokuskan untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematis khususnya pada definisi, ciri-ciri, luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar dan penelitian ini dikhususkan pada peserta didik berjenis kelamin perempuan. Manfaat yang diperoleh peserta didik dalam penelitian ini yaitu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan menerapkan jenis didactical desain research yang dikembangkan oleh Suryadi melalui 3 tahapan yaitu analisis prospektf, analisis metapedadidaktik, dan analisis retrospektif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada SMP Ar-Rahmat kelas IX C sebagai kelas yang telah mempelajari materi bangun ruang sisi datar. Peneliti berhasil dalam membuat suatu desain pembelajaran tentang konsep geometri pada bangun ruang sisi datar berdasarkan observasi pembelajaran dan berbagai analisis yang dilakukan sebelumnya sehingga berkurangnya learning obstacle, desain tersebut berupa pengembangan situasi pembelajaran untuk kemudian diimplementasikan pada SMP Ar-Rahmat kelas VIII C sebagai kelas yang belum menerima materi bangun ruang sisi datar. Kemudian dari hasil learning obstacle sesudah implemenasi terdapat reduksi hambatan belajar peserta didik pada pembelajaran materi bangun ruang sisi datar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Learning obstacle, Desain didaktis, Komunikasi matematis, Materi bangun ruang sisi datar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Dec 2022 03:49
Last Modified: 23 Dec 2022 03:49
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8962

Actions (login required)

View Item View Item