EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Afifah, (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (60kB) | Preview

Abstract

Blended learning merupakan kombinasi pembelajaran tatap muka dan online dengan bantuan teknologi dan komunikasi, pada penelitian ini aplikasi yang digunakan adalah google classroom sehingga memudahkan siswa dalam pembelajaran. Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan siswa yang berupa penguasaan sejumlah materi pelajaran, siswa tidak sekedar mengetahui atau mengingat sebuah konsep yang dipelajari, tetapi mampu mengungkapkan kembali dalam bentuk lain yang mudah dimengerti, sebab jika siswa tidak paham dengan baik dalam memahami pemahaman maupun konsep matematis maka siswa tidak dapat menyelesaikan masalah dengan baik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui persiapan dan kendala, serta respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran blended learning berbantuan google classroom, dan efektifitas pembelajaran blended learning berbantuan google classroom terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen yaitu pretest – posttest control group design. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas X (Sepuluh) SMA Negeri 1 Pabedilan, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket persiapan dan kendala serta respon siswa, dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Sampel penelitian masing-masing berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen 1 yakni kelas X MIPA 1 dan kelas eksperimen 2 yaitu kelas X MIPA 2 dengan menerapkan model pembelajaran blended learning berbantuan google classroom, dan 36 siswa sebagai kelas control yaitu kelas X MIPA 3 dengan model pembelajaran ekspositori. Hasil penelitian uji ketuntasan KKM diperoleh tabel berdistribusi t dengan dk = n – 1 = 36 – 1 = 35 diperoleh ttabel = 1,689 sedangkan nilai thitung = 3,741 ≥ ttabel = 1,689. Karena nilai thitung ≥ ttabel (3,741 ≥ 1,689). Hal ini menunjukan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak artinya terdapat peningkatan yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran blended learning berbantuan google classroom terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning, Google Classroom, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Dec 2022 03:59
Last Modified: 23 Dec 2022 03:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8965

Actions (login required)

View Item View Item