KEGIATAN PENGAJIAN RUTIN KITAB TA’LIM AL-MUTA’ALLIM DALAM MEMBINA SIKAP TA’DZIM REMAJA USIA 15-21 TAHUN KEPADA GURU DI MASJID JAMI’ AL-IKHLAS DESA SINDANGMEKAR KECAMATAN DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON

Neneng Fauziah, (2021) KEGIATAN PENGAJIAN RUTIN KITAB TA’LIM AL-MUTA’ALLIM DALAM MEMBINA SIKAP TA’DZIM REMAJA USIA 15-21 TAHUN KEPADA GURU DI MASJID JAMI’ AL-IKHLAS DESA SINDANGMEKAR KECAMATAN DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (811kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (443kB) | Preview

Abstract

Kegiatan pengajian rutin kitab Ta’lim Al-Muta’allim adalah salah satu program kegiatan yang diadakan oleh Ikatan Remaja Masjid (IRMAS) Al-Ikhlas, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk perkumpulan remaja yang bertujuan untuk dapat menjadi tempat pembinaan akhlak yang baik, seperti sikap ta’dzim atau memuliakan guru dan orang yang lebih tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang kegiatan pengajian rutin kitab Ta’lim Al-Muta’allim, untuk mengetahui bagaimana sikap ta’dzim remaja usia 15-21 tahun kepada guru, bagaimana hubungan kegiatan pengajian rutin Kitab Ta’lim Al-Mut’allim dalam membina sikap ta’dzim remaja kepada guru, serta faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan pengajian rutin. Pengajian adalah suatu proses pembinaan yang dilakukan melalui pemberian materi agama secara berkesinambungan. Pengajian diadakan untuk membina dan mengembangkan hubungan manusia yang santun dan serasi antar sesamanya, dan diantara manusia dengan lingkungannya dalam rangka membina masyarakat yang bertakwa kepada Allah SWT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan langkah-langkah seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya, dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, kemudian penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pengajian rutin kitab Ta’lim Al-Muta’allim di Masjid Jami’ Al-Ikhlas telah menjalankan fungsinya dengan baik yaitu sebagai tempat belajar mengajar, sebagai lembaga pendidikan, sebagai wadah kegiatan dan beraktivitas, sebagai pusat pembinaan dan pengembangan, sebagai jaringan komunikasi, ukhuwah dan wadah silaturrahmi. Adapun sikap ta’dzim tersebut meliputi tidak duduk di depan guru, tidak mulai berbicara pada guru tanpa seizinnya, selalu datang tepat waktu, mendengarkan saat guru menerangkan seraya mencatat, duduk di depan guru selalu sopan, ketika bertemu guru dijalan senantiasa berhenti dipinggir jalan seraya menaruh rasa hormat, tidak mendahului guru ketika berjalan, mencari kerelaan hati guru sudah diterapkan dengan baik. Pembinaan sikap ta’dzim melalui beberapa upaya, yaitu dengan pengajaran, pembiasaan, keteladanan, dan nasehat. Adapun faktor pendukung dan penghambat pembinaan sikap ta’dzim, yaitu adanya bimbingan dari orang tua, adanya sosok figur yang menjadi panutan yaitu melalui pendidik/guru, serta berasal dari keadaan peserta didik itu sendiri. Adapun faktor penghambat yaitu dari pergaulan lingkungan luar, pengawasan orang tua dan keluarga yang kurang, dan pengaruh media sosial.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 28 Dec 2022 02:33
Last Modified: 28 Dec 2022 02:33
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9028

Actions (login required)

View Item View Item