Rama Ramdani Gumilar, (2022) Pengaruh Pendidikan Akhlak Terhadap Kemampuan Bermasyarakat Anak Yatim Piatu Usia 15-18 Tahun Di Lembaga Kesejahteraan Soasial Anak (LKSA) Yayasan Taman Pendidikan Anak (YTPA) Kabupaten Majalengka. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (8MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (259kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan bermasyarakat merupakan kapasitas seseorang individu dalam melakukan aktivitsnya ditengah-tengah masyarakat, seperti bertegur sapa, berbicara dan berkativitas bersama masyarakat.Salah satu yang dapat mempengaruhi kemampuan bermasyarakat, termasuk kemampuan bermasyarakat anak yatim adalah pendidikan akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan akhlak yang diterapkan pada anak yatim piatu usia 15-18 tahun di Lembaga Kesejahteraan Soasial Anak (LKSA) Yayasan Taman Pendidikan Anak (YTPA) Kabupaten Majalengka. Mendeskripsikan kemampuan bermasyarakat anak yatim piatu usia 15-18 tahun di Lembaga Kesejahteraan Soasial Anak (LKSA) Yayasan Taman Pendidikan Anak (YTPA) Kabupaten Majalengka. Mendeskripsikan pengaruh pendidikan akhlak terhadap kemampuan bermasyarakat anak yatim piatu usia 15- 18 tahun di Lembaga Kesejahteraan Soasial Anak (LKSA) Yayasan Taman Pendidikan Anak (YTPA) Kabupaten Majalengka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan pendekatan penelitian survey, istrumen penelitian yang digunakan angket adapun sampel penelitian adalah anak yatim usia Usia 15-18 Tahun Di Lembaga Kesejahteraan Soasial Anak (LKSA) Yayasan Taman Pendidikan Anak (YTPA) Kabupaten Majalengka yang berjumlah 20 orang. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pendidikan akhlak yang diterapkan pada anak yatim piatu usia 15-18 tahun di Lembaga Kesejahteraan Soasial Anak (LKSA) Yayasan Taman Pendidikan Anak (YTPA) Kabupaten Majalengka adalah pendidikan akhlak Islam yang terdiri dari akhlak kepada tuhan, sesama dan lingkungan. Menurut responden pendidikan akhlak yang diterapkan baik, karena nilai prosentase skor angketnya sebsar 80, 47% berada pada rentang nilai skor angket 76%-85%. Kemampuan bermasyarakat anak yatim piatu usia 15-18 tahun di Lembaga Kesejahteraan Soasial Anak (LKSA) Yayasan Taman Pendidikan Anak (YTPA) Kabupaten Majalengka yang ditinjau dari kemampuan intelektual dan fisiknya dinyatakan sangat baik, karena nilai prosentase skor angketnya sebsar 92,25% % berada pada rentang nilai skor angket 86%-100%. Pengaruh pendidikan akhlak terhadap kemampuan bermasyarakat anak yatim piatu usia 15- 18 tahun di Lembaga Kesejahteraan Soasial Anak (LKSA) Yayasan Taman Pendidikan Anak (YTPA) Kabupaten Majalengka dinyatakan sangat kuat, karena nilai interpretasi koefisien korelasi nilai R-nya (0,951) berada pada rentang nilai 0,80 - 0,100. Selain itu pengaruhnya juga dinyatakan psitif dan signifikan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Akhlak, Bermasyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 28 Dec 2022 03:36 |
Last Modified: | 28 Dec 2022 03:36 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9038 |
Actions (login required)
View Item |