Metode Fonetik dalam Pembelajaran Aswat dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Madrasah Ibtidaiyyah

Irfan Hania, and Muhammad Sya'dullah Fauzi, and Suteja, and Era Sastra Pangestu, and Faiqotussana, and Moh. Faza Rosyada, (2022) Metode Fonetik dalam Pembelajaran Aswat dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Madrasah Ibtidaiyyah. al Mahāra Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 8 (2). pp. 231-247. ISSN 2477 - 5835

[img]
Preview
Text
Suteja-Metode Fonetik dalam pembelajaran .....pdf

Download (462kB) | Preview

Abstract

Penerapan metode tradisional dalam pembelajaran bahasa Arab dianggap kurang berhasil, terutama materi pengenalan huruf-huruf hijaiyyah yang berakibat pada lemahnya kemampuan membaca siswa pada level permulaan. Metode fonik dalam pembelajaran Aṣwat merupakan satu dari sekian banyak inovasi metode pembelajaran lingusitik. Metode fonik merupakan metode dengan pendekatan berbasis suara untuk mengajar membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar pengaruh metode fonik dalam pembelajaran Aṣwat terhadap kemampuan membaca siswa di MIN Al-Muawanah Karawang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental one group pretest-porstest design dengan jenis ekperimen one-shot case study. Data penelitian diperoleh dari hasil pretest dan posttest yang diujikan pada sampel penelitian yang berjumlah 21 siswa MIN Al-Muawanah Karawang. Analisis data dan uji hipotesis menggunakan uji normalitas, uji t Satu Sampel, dan Uji T Sampel Berpasangan. perbedaan nilai rata-rata siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode fonik mencapai selisisih sebesar 55,89, di mana rata-rata nilai awal sebesar 7,22, dan rata-rata nilai pasca treatment sebesar 63,11. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perbedaan nilai rata-rata tersebut diuji menggunakan paired sample t-test dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 yang berarti penggunaan metode fonik kepada 9 siswa kelas IV tersebut memiliki pengaruh yang signifikan dalam kemampuan membaca permulaan siswa. Oleh karena itu, dari hasil penelitian ini agar dapat dijadikan sebagai alternatif pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran Aṣwat oleh para pendidik yang berimplikasi pada meningkatnya kemampuan membaca siswa pada level permulaan

[error in script]
Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Phonic Method, Aṣwat, Student Ability, Reading Skills, Metode Fonik, Kemampuan Siswa, Keterampilan Membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 28 Dec 2022 17:49
Last Modified: 28 Dec 2022 17:53
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9059

Actions (login required)

View Item View Item