Alfisyahiroh, (2022) Implementasi Metode Iqro’ dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-quran pada Ibu rumah tangga di Musholah Al-Muttaqin Desa Panembahan Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (704kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (619kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (282kB) | Preview |
Abstract
Al-qur‟an merupakan firman Allah yang didalamnya mencangkup seluruh ilmu pengetahuan yang tidak dapat dijangkau oleh akal fikiran manusia yang terbatas, sepintar apapun manusia dan tingginya ilmu pegetahuan mereka tetap tidak dapat menjangkau seluruh isi kandungan Al-qur‟an, oleh sebab itu belajar Al-qur‟an sangat penting bagi umat islam. Keberhasilan dalam pembelajaran Al�qur‟an tidak lepas dari penggunaan metode yang diterapkannya apakah efektif atau tidak efektif. Pada penelitian ini peneliti hanya fokus pada implemetasi metode iqro‟ sebagai metode pembelajaran Al-qur‟an di mushola Al-Muttaqin dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-qur‟an pada ibu rumah tangga. Metode Iqro‟ merupakan metode pembelajaran Al-qur‟an yang lebih menekankan langsung pada bacaannya tanpa di eja, pembelajaran dimulai dari pengenalan huruf hijaiyah dan disesuaikan berdasarkan jilid satu sampai jilid enam yang di susun oleh K.H As‟ad Humam dengan tujuan untuk memudahkan seseorang dalam membaca Al-qur‟an pada waktu yang relative lebih singkat Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode iqro‟ dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-qur‟an ibu rumah tangga di Mushola Al-Muttaqin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskripstif dimana data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Menurut Arif ibu adalah madrasah bagi anak-anaknya, menjadikan anaknya menjadi generasi yang berkarakter baik.”Apabila seorang ibu tumbuh dengan ketidaktauan,maka anaknya akan tumbuh dengan kebodohan dan keterbelakangan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti di Musholah Al�Muttaqin kurang lebih selama tiga bulan memperoleh hasil sebagai berikut: pertama, kegiatan mengaji ibu rumah tangga di mushola Al-Muttaqin berjalan secara efektif dan terstruktur. Kedua, kemampuan membaca Al-qur‟an Ibu rumah tangga sudah cukup baik dibuktikan dari hasil wawancara beberapa informan dan hasil tes. Ketiga, terdapat faktor pendukung dalam pembelajaran Al-qur‟an dengan menggunakan metode iqro‟ antara lain: Intelegensi, minat, bakat, motivasi. Dan faktor penghambat yaitu: Latar belakang pendidikan guru, kesibukan yang padat , kondisi fisik yang tidak stabil.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Al-Qur'an, metode iqro, Ibu rumah tangga |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 03 Jan 2023 01:42 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 01:42 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9100 |
Actions (login required)
View Item |