TUBAGUS PALPOV KINSKI, (2012) KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM MELAKUKAN PENDEKATAN PSIKOLOGIS HUBUNGANNYA DENGAN PEMBENTUKAN PERILAKU SISWA DI MTs AL-HIDAYAH SINDANG KASIH BEBER. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
TUBAGUS PALPOV KINSKI_07440509__OK.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
TUBAGUS PALPOV KINSKI B : “ Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Melakukan Pendekatan Psikologis Hubungannya Dengan Pembentukan Perilaku Siswa Di MTs Al-Hidayah Sindang Kasih Beber “ Sebagaimana yang tercantum dalam Penjelasan Peraturan Pemerintah No.74 Tahun 2008 tentang Guru mengenai kebijakan pendidikan nasional, pemerintah telah merumuskan empat jenis kompetensi guru.Yang menjadi sorotan peneliti dalam penelitian ini adalah kompetensi kepribadian yaitu kepribadian yang harus dimiliki oleh guru yang mencakup : (1) Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,(2) Memiliki emosi yang mantap, stabil, dewasa, berwibawa dalam pemikiran dan sikap,(3) Disiplin, arif, bijaksana, jujur, sportif dan demokratis,(4) Berakhlak mulia dan mampu menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat. Setelah melakukan observasi, menurut peneliti terdapat masalah antara pendekatan psikologis yang dilakukan oleh guru dengan sikap dan perilaku siswa di MTs Al-Hidayah Sindang Kasih Beber. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mengenai kompetensi kepribadian guru dalam melakukan pendekatan psikologis, pembentukan perilaku anak, upaya-upaya yang dilakukan, bagaimana sikap yang seharusnya dimiliki oleh siswa yang baik di MTs Al-Hidayah Sindang Kasih Beber. Kompetensi guru dalam melakukan pendekatan pskologis menuntut para guru untuk lebih memahami karakter dan perilaku siswanya dengan harapan akan membantu dalam membentuk karakter dan perilaku siswa yang baik. Dengan kata lain kompetensi ini menekankan guru agar mampu membentuk perilaku siswa yang berdasarkan Pancasila dan berakhlaqul karimah. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan empirik, sedangkan metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, angket dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTs Al-Hidayah Sindang Kasih Beber dengan populasi 114 siswa dan sampel 29 orang. Sehingga penelitian ini merupakan penelitian sampel. Data diperoleh dengan menggunakan angket, kemudian dianalisis dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi, uji hipotesis, dan menentukan koefisien determinasi. Pengaruh Kompetensi Guru dalam Melakukan Pendekatan Psikologis (variabel X) terhadap perilaku siswa (variabel Y) menghasilkan koefisien korelasi r product moment sebesar 0,705 berada dalam klasifikasi 0,70 sampai dengan 0,90. Hal ini menunjukan terdapat hubungan yang positif antara kompetensi guru dalam melakukan pendekatan psikologis dengan pembentukan perilaku anak, dan termasuk ketegori tinggi. Sementara itu tingkat signifikansi koefisien korelasi satu sisi dari output (diukur dari Probabilitas) menghasilkan angka 0,000. Karena probabilitas < 0,05 maka korelasi antara kompetensi guru dalam melakukan pendekatan psikologis dengan perilaku siswa signifikan. Dengan demikia
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 15 Mar 2017 07:17 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 02:59 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/913 |
Actions (login required)
View Item |